SOCIALIZATION OF CONSUMER PROTECTION, PIRT LICENSING PROCEDURES, AND MARKETING STRATEGIES FOR TRADERS IN PAGUYUBAN DADI MAJU, MAYANG VILLAGE, GATAK DISTRICT, SUKOHARJO REGENCY

Authors

  • Ian Aji Hermawan Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Lintang Pamugar Mukti Aji Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Endah Kristiani Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29300

Keywords:

Perlindungan Konsumen, PIRT, Strategi Pemasaran, Pedagang Kaki Lima, Paguyuban Dadi Maju

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pentingnya sosialisasi perlindungan konsumen, prosedur perizinan PIRT (Produk Pangan Industri Rumah Tangga), dan strategi pemasaran efektif bagi pedagang kaki lima di Paguyuban Dadi Maju, Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Kendala utama yang dihadapi oleh Paguyuban ini meliputi rendahnya tingkat penjualan dan kepercayaan konsumen, serta kurangnya pemahaman tentang prosedur perizinan dan strategi pemasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, diadakan kegiatan sosialisasi yang mencakup tiga fokus utama: perlindungan konsumen, prosedur perizinan PIRT, dan strategi pemasaran. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan kunjungan langsung ke mitra dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pasca pandemi Covid-19. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari mitra yang merasa kesulitan dalam mencari solusi sebelumnya. Sosialisasi ini berhasil meningkatkan pemahaman mitra terhadap pentingnya perlindungan konsumen, tata cara perizinan PIRT, dan penerapan strategi pemasaran yang efektif. Dengan demikian, diharapkan pedagang Paguyuban Dadi Maju dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas jangkauan pasar, dan bersaing lebih baik di era modern ini.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Hermawan, I. A. ., Aji, L. P. M. ., & Kristiani, E. . (2024). SOCIALIZATION OF CONSUMER PROTECTION, PIRT LICENSING PROCEDURES, AND MARKETING STRATEGIES FOR TRADERS IN PAGUYUBAN DADI MAJU, MAYANG VILLAGE, GATAK DISTRICT, SUKOHARJO REGENCY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4823–4829. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29300