OPTIMALISASI MANAJEMEN KEUANGAN ISLAMI UNTUK UMKM DI WILAYAH YOGYAKARTA: STRATEGI DAN IMPLEMENTASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29119Keywords:
Keuangan Islami, UMKM, YogyakartaAbstract
Pengelolaan keuangan yang efektif menjadi tantangan utama bagi banyak UMKM di Yogyakarta, yang sebagian besar belum sepenuhnya memanfaatkan prinsip-prinsip keuangan Islami. Prinsip-prinsip ini, yang melarang riba dan mendorong kemitraan dan keadilan, menawarkan solusi potensial untuk meningkatkan manajemen keuangan UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat "Optimalisasi Manajemen Keuangan Islami untuk UMKM di Wilayah Yogyakarta: Strategi dan Implementasi" bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan UMKM dalam menerapkan prinsip-prinsip keuangan Islami. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, penyusunan materi, sosialisasi, pendaftaran peserta, dan pelatihan melalui Zoom, serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam mengelola keuangan usaha mereka sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan Islami. Peserta merasa lebih percaya diri dan siap untuk menerapkan pengetahuan baru ini dalam bisnis mereka. Kegiatan ini juga berhasil membangun jaringan yang lebih kuat di antara pelaku UMKM. Pentingnya hasil ini terletak pada kontribusinya terhadap keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM yang lebih adil dan etis di Yogyakarta.References
Ainia, N., & Samiatus, N. (2021). Implementasi Strategi Go Digital Sebagai Pemulihan Bisnis Umkm Pada Situasi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Kedinding Lor, Surabaya). Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 2(2), 213–227.
Arroisi, J. (2019). Implementasi pendistribusian wakaf tunai sebagai penunjang usaha kecil menengah di badan wakaf uang & badan wakaf tunai MUI Yogyakarta. Jurnal Studi Dan Penelitian Hukum Islam, 3(11), 49–66.
Ash-Shiddiqy, M. (2022). Potensi Desa Dan Strategi Penerapan Ekonomi Islam Dalam Pengelolaan Bisnis Bumdes. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 22(1), 1–28.
Azzahra, N. S. (2023). ANALISIS STRATEGI OPTIMALISASI PROFITABILITAS PADA UMKM PENGRAJIN GERABAH DESA PANJANGREJO (Studi Kasus pada Pengrajin Gerabah di Kelurahan Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia.
Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Ugm Press.
Carina, M. (2022). Optimalisasi Strategi Pengembangan Umkm Berdasarkan Analisis SWOT Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Pandemi Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Dr. Koffie Indonesia). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Ghasarma, R., Eka, D., Karimudin, Y., Isnurhadi, I., & Bang, P. L. (2022). Pendampingan Pengelolaan Keuangan UMKM dan Optimalisasi Usaha Masyarakat dalam Menghadapi Era Normal Baru di Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1), 65–72.
Haziza, E. L., & Udayana, I. B. N. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Delivery terhadap Minat Purchase Decision Konsumen UMKM Kerajinan Tangan Toko Serba. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1434–1448.
Iqbal, M. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Dividen di CV Maraja & MICE Kota Makassar dalam Perspektif Manajemen Keuangan Syariah. IAIN Parepare.
Kartika, D., & Oktafia, R. (2021). Implementasi Strategi Dalam Penanganan Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada Kspps Al-Mubarok Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), 127–138.
Lendra, R. (2019). MANAJEMEN STRATEGI KSPPS BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA PERSPEKTIF SYARI’AH Strategic Management of KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta in Syari’ah Perspective.
Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., Nurfaizah, A., Mustofa, M., Rohimah, T., & Yanuar, R. (2022). Pengembangan umkm melalui optimalisasi branding dan penggunaan media digital di desa sindangbarang, kabupaten cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 4(1), 70–84.
Maulana, N., & Fitri, Y. (2023). IMPLEMENTASI KORPORASI, KAPASITAS DAN PEMBIAYAAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENGGERAK PEREKONOMIAN DI ACEH. Cendekia Niaga, 7(2), 109–120.
Putri, S. A. M., Hayati, S. R., & Sutrisno, S. (2021). Pendampingan UMKM Al-Maidah Catering Jogja: Sertifikasi Halal dan Pengelolaan Keuangan. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 143–160.
Rahmawati, I. Y., Purwidianti, W., Rahayu, T. S. M., Dwiyanti, R., & Alfalisyado, A. (2023). Strategi Penguatan Kinerja Umkm Melalui Peran Optimalisasi Financial Teknologi (FINTECH). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kalam, 2(2), 157–168.
SHOFINIDA, F. (2022). Analisis Strategi Optimalisasi Profitabilitas Pada Umkm Pengrajin Gerabah Desa Kasongan (Studi Kasus Pada Pengrajin Gerabah Desa Kasongan Bantul Yogyakarta).
Sudarman, S. (2021). Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terhadap Pengembangan UMKM Di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang (Analisis Ekonomi Islam). IAIN Parepare.
Urfiyya, K., & Sulastiningsih, S. (2021). Digital system blockchain sebagai strategi untuk optimalisasi pengelolaan dana zakat: studi konseptual. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 17(2), 83–95.
Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.
Yunita, A., Martiana, A., & Wijayanti, R. (2022). Optimalisasi Peran Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Baitul Maal Wa Tamwil Di Yogyakarta. Arena Hukum, 15(2), 325–352.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anton Priyo Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.