ANALISIS PENGARUH PENETAPAN HARGA, KUALITAS, DAN BRAND IMAGE SKINTIFIC TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28761Keywords:
Penetapan Harga, Kualitas, Brand Image, Minat BeliAbstract
Skintific merupakan brand skincare asal Kanada yang sudah berdiri sejak tahun 1957 olehKristen Tveit dan Ann-Kristin Stokke. Brand skincare ini mulai memasuki indonesia padaawal tahun 2022, yang kemudian viral karena produknya yang dapat membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan kulit serta memperkuat skin barrier. Formula Skintific menggunakan Teknologi TTE (Trilogy Triangle Effect), yang tidak hanyamemastikan hasil yang signifikan pada kulit, tetapi juga menjamin bahwa produk Skintifcaman untuk digunakan oleh orang yang memiliki kulit yang sensitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil serta jawaban dan mengetahui pengaruh dari penetapan harga, kualitas, dan brand image terhadap minat beli produk Skintific. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan non-probability sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 54 responden yang menggunakan produk Skintific dikalangan mahasiswa STIE Mahardhika yang kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan penetapan harga, kualitas, dan brand image berpengaruh terhadap minat beli produk Skintific. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen pada penelitian yakni kualitas memiliki pengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t-hitung > t-tabel sebesar 2.967 > 2.009, brand image memiliki pengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t-hitung > t-tabel sebesar 3.109 > 2.009, sedangkan penetapan harga tidak memberikan pengaruh terhadap minat beli dengan nilai t-hitung > t-tabel sebesar 0.663 < 2.009. Berdasarkan hasil penelitian, Skintific harus meningkatkan fokus pada kualitas dan memperkiuat brand image yang dimiliki oleh perusahaan. Terutama untuk variabel kualitas dan brand image yang memiliki hubungan positif sehingga kemudian dapat terus menarik minat beli konsumen pada produk Skintific. Sebagai langkah tambahan, perlu dilakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap strategi penetapan harga untuk memperbaiki dampaknya terhadap minat beli produk Skintific.References
Ali, Hapzi, Anggita , Rizza. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). Scholars Bulletin. Vol 3, No. 6.
Ali, H. (2019). Purchase Decision and Repurchase Models: Product Quality and Process Analysis (Case Study of House Ownership Credit Financing in Permata Sharia Bank Jakarta).
Ali, Hapzi, Nandan Limakrisna, and Said Jamaluddin. 2016. “Model of Customer Satisfaction: The Empirical Study at Bri in Jambi.” International Journal of Applied Business and Economic Research.
Ali, H., Evi, N., & Nurmahdi, A. (2018). The Influence of Service Quality , Brand Image and Promotion on Purchase Decision at MCU Eka Hospital. Business and Management Studies.
Amos, N. (2014). Metode Penelitian dan Statistika . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1-13.
Diana Putri Aristamia, M. A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific. Jurnal Riset Manajemen.
Dovina Navanti, Sujiyo Miranto, R. P. (2017). Identifikasi Variabel Kualitas Jasa dan Bauran Pemasaran yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto. In Jurnal Kajian Ilmiah (Vol. 17, Issue 02, pp. 45–50).
Dyah Ayu Rara S, M. M. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 579-599.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3). Hair J.F.1998.Multivariate Data Analysis.Six Edition.New York:Printice Hall International.inc.
Handayani, Ririn. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Hapzi Ali,et Al (2017). "Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro di Giant Mall Permata Tanggerang)"
Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Berlian Multitama di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis.
Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329–346
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fathur Rossi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










