SOSIALISASI IMPLEMENTASI KONTEN AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28604Keywords:
Augmented Reality, Community Based Participatory Action Research, TeknologiAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diajukan di SMA Dharma Karya UT wilayah Pondok Cabe Tangerang Selatan, bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) pada kegiatan pembelajaran yang dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi AR yang memberikan obyek tambahan berupa teks, suara, gambar, video, obyek 2 Dimensi maupun 3 Dimensi untuk mendukung peningkatan pelayanan pendidikan kepada guru dan siswa-siswa agar dapat memotivasi kegiatan belajar mengajar. Target khusus yang ingin dicapai adalah pemahaman dan kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi AR guna mendukung pembelajaran lebih efektif dan efisien sebagai pendukung pelayanan pendidikan di SMP/SMA Dharma Karya UT. Sementara metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR) terdiri atas tiga tahapan yaitu : perencanaan, implementasi dan evaluasi sesuai dengan siklus inti tindakan CBPAR. Dalam pelaksanaannya kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama dilakukan penyuluhan dan praktek yang melibatkan guru-guru di SMP/SMA Dharma Karya UT. Hari kedua dilanjutkan dengan praktek di kelas yang melibatkan siswa SMA Dharma Karya UT kelas X IPA 1 dalam mata pelajaran matematika. Hasil kegiatan ini meningkatkan pemahaman kemampuan secara praktis serta kreativitas para guru tentang kegunaan dan pemanfatan dari konten Augmented Reality (AR) sebagai pendukung pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan pada era digitalisasi.References
Connell, J.P., Halpem-Felsher, B.L., Clifford, E., Crichlow, W. and Usinger, P. (1995), “Hanging in there: behavioral, psychological, and contextual factors affecting whether African American adolescents stay in high school”, Journal of Adolescent Research, Vol. 10, pp. 41-63.
Di_Slen, G., Ve, O.L.N., Ifadeleri_, O.N., Moti_Vasyon, I.L. and Sosyal, A. (2013), “The reasons of lack of motivation from the students’and teachers’voices”, The Journal of Academic Social Science, Vol. 1, pp. 35-45.
Francis, J. (2017), The Effects of Technology on Student Motivation and Engagement in ClassroomBased Learning, University of New England, Armidale, NSW
Gibson, I.W. (2001), “At the intersection of technology and pedagogy: considering styles of learning and teaching”, Journal of Information Techology for Teacher Education, Vol. 10, pp. 37-61.
Haynes, E., Marawili, M., Marika, B. M., Mitchell, A. G., Phillips, J., Bessarab, D., Walker, R., Cook, J., & Ralph, A. P. (2019). Community-based participatory action research on rheumatic heart disease in an Australian Aboriginal homeland: Evaluation of the ‘On track watch’ project. Evaluation and Program Planning, 74(November 2018), 38–53. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2019.02.010
Ibrahim, M. and Al-Shara, O. (2007), “Impact of interactive learning on knowledge retention”, Symposium on Human Interface and the Management of Information, Springer, pp. 347-355.
Kemmis, S. (1982). The Action Research Reader (V. Geelong (ed.)). Deakin University Press.
Kesim, M. and Ozarslan, Y. (2012). Augmented reality in education: current technologies and the potential for education. Procedia - Social and Behavioral Sciences 47, 297 – 302
Kiyokawa, K., Billinghurst, M., Hayes, S., Gupta, A., Sannohe, Y., & Kato, H. (2002). Communication Behaviors of Co-Located Users in Collaborative AR Interfaces. IEEE and ACM International Symposium on Mixed and Augmented Reality (ISMAR 2002) (pp. 139-148). Darmstadt, Germany: IEEE Press.
Klopfer, E., Osterweil, S., Groff, J. and Haas, J. (2009), “Using the technology of today in the classroom today: the instructional power of digital games, social networking, simulations and how teachers can leverage them”, The Education Arcade, Vol. 1, p. 20.
Kumar, A., Sharma, R. C., and Vyas, R. V. (2003). Impact of electronic Media in Distance education: A Study of Academic Counsellor’s Perception. Turkish Online Journal of Distance Education, 4(4), 1-9
Perez-Lopez, D. and Contero, M. (2013), “Delivering educational multimedia contents through an augmented reality application: a case study on its impact on knowledge acquisition and retention”, Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, Vol. 12, pp. 19-28.
Walsh, A. (2011), “Blurring the boundaries between our physical and electronic libraries: locationaware technologies, QR codes and RFID tags”, The Electronic Library, Vol. 29, pp. 429-437
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shine Pintor Siolemba Patiro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










