PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28556Keywords:
Tulisan Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas, Kopetensi GuruAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat tulisan ilmiah terkait laporan hasil penelitian tindakan kelas. Pengabdian ini dilaksanakan di SMP IT Daarul Istiqlal Marendal I, Jln. Pantai Rambung, Kecamatan Patumbak, Keluraan Marendal-1, Deli Serdang Sumatera Utara dan diikuti oleh 27 guru. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dalam menyampaikan materi pelatihan,, pelatihan membuat tulisan ilmiah yang diarahkan untuk membuat proposal dan laporan hasil penelitian tindakan kelas, diskusi dan tanya jawab yang dlaksanakan pada akhir pertemuan. Kegiatan pengabdian dimulai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pengabdian ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan pengetahuan para guru tentang bagaimana cara membuat tulisan ilmiah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tulisan ilmiah terkait proposal, laporan hasil penelitian tindakan kelas dan makalah ilmiah. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh guru pada pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi, kapasitas dan profesionalitas para guru sebagai pendidik. Hasil posttest menunjukkan pencapaian pengetahuan peserta mengalami peningkatan sebesar 914%. Kegiatan pengabdian ini memberikan wawasan pengetahuan bagi guru-guru dalam menyusun karya tulis ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas (PTK).References
Abdul Rozik, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Metodologi Penelitian dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Guru PPKN MGMP PPKN SMP Se Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 18–27.
Astawan, I. Gede, Arini, N. W., & Japa, I. G. N. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Gugus VII Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 116–121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL
Ayu Dewi, C., Hendrawani, Kurniasih, Y., Suryati, & Khery, Y. (2018). Optimalisasi Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah. 3(1), 19–23. https://doi.org/10.36312/linov.v3i1.434
Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru melalui Pelatihan Karya Ilmiah di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105– 114.
Hanafin, J. (2014). Multiple intelligences theory, action research, and teacher professional development: The irish MI project. Australian Journal of Teacher Education, 39(4), 126–142.
Harsh, J., Esteb, J. J., & Maltese, A. V. (2017). Evaluating the development of chemistry undergraduate researchers’ scientific thinking skills using performance-data: first findings from the performance assessment of undergraduate research (PURE) instrument. Chemistry Education Research and Practice, 18(3), 472–485.
Herianto, A., Ibrahim, Arif, & Khosiah. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTs dan MI Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(1), 58–64. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Hutabarat, I. M., Palit, E. I. ., & Gultom, M. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Guru SMP di Sentani. Jurnal Pengabdian Papua, 3(No. 2), 61–64.
Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi guru Guru SD di Kecamatan Kendal. In Abdimas Unwahas (Vol. 3, Issue No. 3).
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., & Damopolii, I. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru IPA Kabupaten Manokwari Papua Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 115–124. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i2.1155
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Tiara Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.