METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Supardi Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Amr Amr Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Amalia Qorina Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Muhammad Fadhil Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Yasmin Chalillah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Wahyudi Wahyudi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28550

Keywords:

Group investigation, Kooperatif, Model Pembelejaran.

Abstract

Group Investigation adalah suatu model pembelajaran di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil dengan menggunakan pertanyaan kooperatif, diskusi kelompok, serta perencanaan dan proyek kooperatif. Dalam model ini, siswa memiliki kebebasan untuk membentuk kelompok dengan anggota antara dua hingga enam orang. Setiap kelompok kemudian memilih topik materi yang telah dipelajari dan membaginya menjadi tugas-tugas individu. Hasil dari pekerjaan individu ini kemudian disusun menjadi laporan kelompok yang akan disajikan di depan kelas.Group Investigation lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswa daripada menerapkan teknik-teknik pengajaran konvensional di dalam kelas. Model ini juga mengintegrasikan prinsip belajar demokratis, di mana siswa terlibat aktif dalam seluruh proses pembelajaran, mulai dari pemilihan topik hingga penyajian laporan kelompok. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih materi yang ingin dipelajari sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

References

Amalia, L., Aprilia Astuti, D., Hayati Istiqomah, N., Hapsari, B., & Syachnez Daniar, A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Harahap, K. S., & Ritonga, S. (2020). PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 8.

Hartoto, T. (2016). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH. 4.

Ilmi, N. (2023). Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Zeenbook.

Rita Susila, H., & Arief, Q. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Untuk Mahasiswa FKIP. SYIAH KUMALA UNIVERSITY PRESS.

Solihatin, E. (2007). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.

Sugiani. (2021). GROUP INVESTIGATION MODEL PEMBELAJARAN MASA KINI. Pusat Perkembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sukarman. (2021). GROUP INVESTIGATION MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Pusat Perkembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sulasmi, E. (2021). BUKU AJAR KEBIJAKAN DAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN. UMSU PRESS.

Wardono, B. H. (2023). KAJIAN METODE GRUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1(2), 226.

Wibowo, F. (n.d.). Ringkasan Teori-Teori Dasar Pembelejaran. Quedi.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Ritonga, S. ., Amr, A., Qorina, A. ., Fadhil, M. ., Chalillah, Y. ., & Wahyudi, W. (2024). METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4330–4337. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28550

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.