METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28550Keywords:
Group investigation, Kooperatif, Model Pembelejaran.Abstract
Group Investigation adalah suatu model pembelajaran di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil dengan menggunakan pertanyaan kooperatif, diskusi kelompok, serta perencanaan dan proyek kooperatif. Dalam model ini, siswa memiliki kebebasan untuk membentuk kelompok dengan anggota antara dua hingga enam orang. Setiap kelompok kemudian memilih topik materi yang telah dipelajari dan membaginya menjadi tugas-tugas individu. Hasil dari pekerjaan individu ini kemudian disusun menjadi laporan kelompok yang akan disajikan di depan kelas.Group Investigation lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswa daripada menerapkan teknik-teknik pengajaran konvensional di dalam kelas. Model ini juga mengintegrasikan prinsip belajar demokratis, di mana siswa terlibat aktif dalam seluruh proses pembelajaran, mulai dari pemilihan topik hingga penyajian laporan kelompok. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih materi yang ingin dipelajari sesuai dengan topik yang sedang dibahas.References
Amalia, L., Aprilia Astuti, D., Hayati Istiqomah, N., Hapsari, B., & Syachnez Daniar, A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Harahap, K. S., & Ritonga, S. (2020). PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 8.
Hartoto, T. (2016). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH. 4.
Ilmi, N. (2023). Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Zeenbook.
Rita Susila, H., & Arief, Q. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Untuk Mahasiswa FKIP. SYIAH KUMALA UNIVERSITY PRESS.
Solihatin, E. (2007). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.
Sugiani. (2021). GROUP INVESTIGATION MODEL PEMBELAJARAN MASA KINI. Pusat Perkembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sukarman. (2021). GROUP INVESTIGATION MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Pusat Perkembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sulasmi, E. (2021). BUKU AJAR KEBIJAKAN DAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN. UMSU PRESS.
Wardono, B. H. (2023). KAJIAN METODE GRUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1(2), 226.
Wibowo, F. (n.d.). Ringkasan Teori-Teori Dasar Pembelejaran. Quedi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Supardi Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










