SELF-MANAGEMENT STRATEGIES BAGI SANTRI DI SMA TEBUIRENG JOMBANG

Authors

  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo Soedjarwo Universitas Negeri Surabaya
  • Monica Widyaswari Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2842

Keywords:

Strategi Manajemen Diri, Pendampingan, Peserta Didik Kelas XII

Abstract

Usia remaja merupakan tahapan awal dimana anak harus belajar mengambil keputusan dalam mempersiapkan masa depannya. Namun, muncul permasalahan yang kerapkali dialami peserta didik kelas XII ialah: kebingungan, keraguan, dan kurangnya informasi mengenai jurusan yang berkaitan dengan tujuan karir masa depannya. Berdasarkan problematika tersebut solusi yang tepat ialah berupa pengelolaan strategi self-management guna membantu peserta didik kelas XII dalam mengelola dan mengenali dirinya. Tujuan dilakukan strategi manajemen diri ini ialah membantu memanajemen diri, memahami dan membantu mengelola diri, mengelola karir, studi lanjut, dan membantu dalam memecahkan masalah dalam fase sekolah puncak menuju perencanaan masa depan. Lokasi penelitian bertempat di SMA Trensains Tebuireng Jombang Jawa Timur. Metode yang digunakan ialah partisipasi aktif, di mana metode ini akan melibatkan mitra kerja mulai dari penentuan prioritas masalah yang akan ditangani beserta identifikasi kebutuhan, sosialisasi, seminar, pelaksanaan tes, dan pendampingannya. Hasil dari kegiatan ini didasarkan pada beberapa komponen yakni: (a) keberhasilan target jumlah peserta; (b) ketercapaian tujuan kegiatan; (c) ketercapaian target materi yang telah direncanakan; dan (d) kemampuan peserta dalam penguasaan materi. Menigkatknya penguasaan materi diketahui melalui hasil pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan self-management strategies tersebut sangat efektif bagi peserta didik kelas XII SMA Trensains. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kedisiplinan, mengubah perilaku, membantu meningkatkan konsep diri positif pada diri peserta didik, dan memberikan citra positif bagi sekolah.

Author Biographies

Wiwin Yulianingsih, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Gunarti Dwi Lestari, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Soedjarwo Soedjarwo, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Monica Widyaswari, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Meita Santi Budiani, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

References

Abele, A. E., & Wiese, B. S. (2008). The nomological network of selfâ€management strategies and career success. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 81(4), 733–749.

Dishman, R. K., Motl, R. W., Sallis, J. F., Dunn, A. L., Birnbaum, A. S., Welk, G. J., Bedimo-Rung, A. L. Voorhees, C. C., & Jobe, J. B. (2005). Self-management strategies mediate self-efficacy and physical activity. American Journal of Preventive Medicine, 29(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.amepre.2005.03.012

Fahmi, J. Z., Ramli, M., & Hidayah, N. (2019). Teknik Self-Management sebagai Upaya Mereduksi Gaya Hidup Hedonis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1408. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12887

Hameed-ur-Rehman, D. M. (2012). Study on the Causes of Misbehavior among South-East Asian Children. International Journal of Humanities and Social Science, 2(4), 14.

Herta, V., & Herrin, A. (2019). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI SMPN 2 SENDAWAR. 1, 79–81.

Isnaini, F. (2015). STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 10.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 17–27. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.859

Mulyani, E. D. S., Hidayat, C. R., & Ulfa, T. C. (2021). Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Bakat Siswa SMA Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 10(2), 80–92.

Pravesti, C. A. (2015). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 65(2), 67–76. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/wahana.v65i2.257

Putri, N. A., Susanto, B., & Nugroho, P. W. (2020). Penerapan Strategi Self-Management Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Pemantapan Pemilihan Karier Pada Siswa Sma. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 59. https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.822

Rahmawati, D., Kurniawan, T., & Hartati, S. (2019). Gambaran Self-Management Pada Pasien Stroke Yang Menjalani Rawat Jalan. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 6(1), 13–25.

Sabdulloh, U. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Alfabeta.

Super, D. E., & Jordaan, J. P. (1973). Career development theory. British Journal of Guidance and Counselling, 1(1), 3–16.

Downloads

Published

2021-11-23 — Updated on 2022-07-25

Versions