IMPLEMENTASI POLAGATIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KOMUNITAS SASUDE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28348Keywords:
Alat Peraga; Tingkat Kepuasan; Pembelajaran MatematikaAbstract
Pendidikan memainkan peranan penting dalam rangka mencerdaskan generasi penerus bangsa. Dalam hal ini pendidikan tidak hanya bisa dijalani melalui jalur formal tapi juga bisa dengan jalur non-formal. SASUDE (Sanggar Anak Sungai Deli) merupakan salah satu pendidikan non-formal yang menyediakan berbagai aktifitas pembelajaran untuk mendukung pendidikan formal anak-anak di bantaran Sungai Deli. Namun masih terdapat beberapa anak kurang berminat dalam belajar terutama pada bidang matematika. Dengan penerapan POLAGATIK (Pojok Alat Peraga Matematik) diharapkan dapat mengoptimalkan minat belajar anak terutama di bidang matematika dan meningkatkan pemahaman konsep matematis anak-anak di SASUDE. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan komunitas SASUDE terhadap implementasi POLAGATIK. Metode kepuasan pengguna yang digunakan yaitu metode EUCS. Hasil kegiatan menyatakan bahwa implementasi POLAGATIK di komunitas SASUDE mencapai 80,6% pada kategori baik yang meliputi Content sebesar 79% (Baik), Accuracy sebesar 79% (Baik), Format sebesar 85% (Sangat Baik), Ease Of Use sebesar 84% (Sangat Baik) dan Timelines sebesar 76% (Baik). Hal ini menunjukkan bahwa pengguna setuju atau memberikan penilaian baik terhadap POLAGATIK. Sebab itu, bisa dinyatakan bahwa komunitas SASUDE merasa puas dengan implementasi POLAGATIK tersebut.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yovita Ningtias
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.