PEMANFAATAN MAPLE TUTORS UNTUK GURU SMK KOTA KEDIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28278Keywords:
Matematika, Media Visua, Maple Tutors.Abstract
Maple merupakan salah satu software komputasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematika. Maple sebagai media visual dalam menyajikan pembelajaran matematika interaktif berupa gambar, grafik, tabel, dan notasi. Kelebihan Maple tutors dibanding software lain adalah mampu menyelesaikan soal matematika secara bertahap. Pemanfaatan Maple tutors diberikan dengan metode pelatihan langsung praktek dengan memberikan buku panduan sebagai pegangan peserta. Sebelum dimulai pelatihan, peserta diberikan kuesioner pre test untuk mengetahui tingkat pengetahuan dasar tentang program Maple. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama 120 menit dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab selama 15 menit. Setelah dilakukan pelatihan, peserta kembali diberikan kuesioner posttest untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan evaluasi pengenalan dan pemanfaatan Maple tutors. Berdasarkan hasil kuesioner posttest dari 38 guru matematika dari berbagai SMK Negeri dan Swasta di Kota Kediri dapat dilihat adanya peningkatan kemampuan peserta dalam menjawab soal dengan menggunakan Maple benar pada masing-masing item pertanyaan dibandingkan hasil kuesioner pre test. Dimana persentase jawaban benar pada hasil kuesioner pre test kurang dari 50% sedangkan dari hasil kuesioner posttest sudah lebih dari 75% dalam setiap pertanyaan.References
Arif, M. Z., Halikin, I., & Agustin, I. H. (2016). Panduan Maple Untuk Guru SMA dalam Pembelajaran Matematika Interaktif. Jember: Universitas Jember.
Sadriani, A., Arifin, I., & Ahmad, M. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke-62 (pp. 32-37). Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Tung, K. Y. (2003). Visualisasi dan Simulasi Fisika Dengan Aplikasi Program Maple. Jakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Afif, Dian Mustofani, Bagus Yuli Ariadhita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.