PKM PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS KARAKTER BAGI GURU PENJAS DI KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

Authors

  • La Kamadi Universitas Negeri Makassar
  • Ishak Bachtar Universitas Negeri Makassar
  • Sudirman Sudirman Universias Negeri Makassar
  • Ahmad Adil Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Qasash Hasyim Unversitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28052

Keywords:

Penjasorkes, Berbasis Karakter

Abstract

Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah KKGO Kecamatan Mariso Kota Makassar. Masalahnya adalah: (1) Pengetahuan dan pemahaman para guru penjasorkes terhadap model pembelajaran penjasorkes yang berbasis karakter., (2) Perasaan dan tindakan yang berkarakter bagi murid di sekolah dasar melalui penerapan pembelajaran penjasorkes berbasis karakter oleh guru, (3) Kesadaran moral dan etika para murid dalam aktivitas yang dilakukan di sekolah dan di masyarakat. Metode yang digunakan adalah: (1) Materi yang pertama diberikan kepada mitra dengan memberikan materi kelas dengan memakai metode ceramah, (2) Terjadinya peningkatan pemahaman antara sebelum diberikan pelatihan dengan sesudah pelatihan, (3) Dan yang terakhir dilakukan  diskusi yaitu melaksanakan diskusi pada penyampaian materi maupun praktik lapangan.. Hasil yang dicapai adalah (1) Kegiatan pelatihan ini dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar, (2) mitra memiliki keterampilan untuk merancang dan menjahit aksesoris, (3) Model Pembelajaran penjasorkes berbasis karakter merupakan salah satu pilar yang harus dilakukan oleh guru-guru penjasorkes melalui RPP nya sehingga murid implementasinya kepada murid dapat terwujud, (4 Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru penjasorkes khususunya di kecamatan Mariso, dan (5) Disarankan agar guru-guru lainnya dan juga kepala sekolah diberikan pelatihan tentang pengembangan karakter seperti ini juga.

References

Bete, D. T., & Saidjuna, M. K. (2022). Implementasi permainan tradisional benteng dalam pembelajaran penjas terhadap pembentukan perilaku sosial siswa Sekolah Dasar. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 70–79.

BNSP.2009. Standar Isi Kurikulum Penjasorkes.

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85.

Moston and Ashworth. 1994. Teaching Physical Education. San Fransisco: Pearson Education Inc

Pedoman Pendidikan Karakter.2010. Pedoman Pendidikan Karater.

Popham,1995. Model Pembelajaran Afektif .

Prianggita, V. A. (2016). Penerapan Model Konsiderasi Dan Pembentukan Rasional Dalam Pembelajaran. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 72–80.

Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional: UU RI No. 3 Tahun 2005. Jakarta: Sinar Grafika

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Kamadi, L., Bachtar, I., Sudirman, S., Adil, A., & Hasyim, M. Q. . (2024). PKM PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS KARAKTER BAGI GURU PENJAS DI KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4179–4182. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28052

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.