EDUKASI KEUANGAN DIGITAL: MEMBANTU MASYARAKAT MENGELOLA UANG SECARA EFISIEN

Authors

  • Anggi Oktawiranti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Gusti Noorlitaria Achmad Universitas Mulawarman
  • Fitriansyah Fitriansyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Asnawati Asnawati Universitas Mulawarman
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Mulawarman
  • Saida Zainurossalamia Za Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27750

Keywords:

Pelatihan, Keuangan Digital, Daring,

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi keuangan digital kepada masyarakat, khususnya di Samarinda dan Kalimantan Timur, Indonesia. Melalui upaya kolaboratif yang melibatkan beberapa perguruan tinggi, termasuk Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, dan Universitas Mulawarman, program ini menggunakan Zoom Cloud Meeting sebagai platform penyampaian edukasi. Proyek ini berfokus pada mengatasi tantangan literasi keuangan dan keterbatasan pemahaman tentang konsep keuangan digital di kalangan masyarakat. Dengan mengembangkan materi edukasi yang terstruktur dan modul interaktif yang dapat diakses melalui platform daring, inisiatif ini bertujuan memberdayakan individu dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mengelola uang secara efisien di era digital. Keberhasilan program akan dievaluasi berdasarkan umpan balik peserta dan peningkatan yang terukur dalam tingkat literasi keuangan di komunitas yang dituju.

References

Choirunnisa, I., Ramadhani, A., Febrianty, A., Shifa, L., Rizal, M., & Nurbayanti, S. (2021). Model Edukasi Keuangan Melalui Literasi Keuangan Digital Syariah di Indonesia. El Ujrah: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1).

Rahmiyanti, S., & Arianto, B. (2023). Pendampingan Literasi Keuangan Digital Bagi UMKM Digital Di Kelurahan Tembong Kota Serang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 158-167.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Suarantalla, R., Aliyah, J., & Tryana, A. L. (2023). Melangkah ke Era Digital: Sosialisasi Literasi Keuangan untuk Transaksi Non Tunai. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 82-89.

Widodo, T., Muhammad, I., Darmayanti, R., Nursaid, N., & Amany, D. A. L. (2023). Manajemen keuangan pendidikan berbasis digital: Sebuah kajian pustaka. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 146-167.

Yolanda, S., Shaddiq, S., Faisal, H., & Kurnianti, I. (2023). Peran Manajemen Keuangan Digital dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Banjarmasin. Indonesian Red Crescent Humanitarian Journal, 2(1), 23-32.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Oktawiranti, A. ., Achmad, G. N. ., Fitriansyah, F., Asnawati, A., Rahmawati, R., & Za, S. Z. . (2024). EDUKASI KEUANGAN DIGITAL: MEMBANTU MASYARAKAT MENGELOLA UANG SECARA EFISIEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3998–4003. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27750