PELATIHAN PENULISAN BEST PRACTICE BAGI GURU SMP YPM MOJOWARNO JOMBANG

Authors

  • Lia Budi Tristanti STKIP PGRI JOMBANG
  • Nurul Aini STKIP PGRI JOMBANG
  • Ninik Sudarwati Sudarwati STKIP PGRI JOMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2764

Keywords:

Pelatihan, Best Practice, SMP YPM Mojowarno

Abstract

Disekolah SMP YPM Mojowarno jombang memiliki permasalahan yaitu guru belum maksimal dalam kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, kesulitan guru melakukan tindakan kelas untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu sesuai hasil refleksi, kesulitan guru menyusun best practice report dari tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu, serta penulisan artikel ilmiah untuk berbagi pengalaman dengan sejawat guru lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka best practice adalah solusinya, dimana Best Practice digunakan untuk mendeskripsikan/menguraikan “pengalaman terbaik” mengenai keberhasilan seseorang atau kelompok dalam memecahkan masalah ketika melaksanakan tugas sehingga menjadi pembelajaran yang berharga bagi guru yang lain, dan sekaligus juga merupakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Metode yang diberikan adalah mengidentifikasi kebutuhan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi tindakan. Pelaksanaan pelatihan penulisan laporan best practice bagi Guru SMP YPM Mojowarno Jombang telah sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan dan respon peserta sangat puas.  Terdapat 60% guru yang mengikuti pelatihan best practice, sangat paham dalam penulisan best practice.

Author Biographies

Lia Budi Tristanti, STKIP PGRI JOMBANG

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang

Nurul Aini, STKIP PGRI JOMBANG

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang

Ninik Sudarwati Sudarwati, STKIP PGRI JOMBANG

Program Studi Pendidikan Ekonomi  STKIP PGRI Jombang

References

Apandi, I. 2018. Teknik Menulis “Best Practice” bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5ac5c1eacbe5230e1d5c0132/teknik-menulis-best practice-bagi-pendidik-dan-tenaga kependidikan?page=al

Habibah, dkk.2020. Pembelajaran Online Sebagai Bahan Best Practice Pada Guru PPKN SMP Di Kota Surabaya. Communnity Development Journal. Vol.1, No. 3 November 2020, Hal.499-504.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Lomba penulisan Best Practis Bagi Kepalasekolah/Madrasah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga KependidikanDikdasmen. Dirjen GTK

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tertanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 4.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010, Nomor 14 tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 5.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 tahun 2010, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 6. Apandi, I. 2018, April 6.

Rohanah. 2019. Publikasi Ilmiah Pengembangan Profesi Guru. Banjar Rangdu: CV. Media Education

Downloads

Published

2021-11-16