PEMBERDAYAAN KELUARGA DAN EDUKASI TERHADAP PERAWATAN HIPERTENSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI PROVINSI BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27605Keywords:
Pemberdayaan Keluarga, Edukasi, Perawatan Ansia Dengan Penyakit Hipertensi.Abstract
Penyakit hipertensi adalah penyakit yang sangat berbahaya dimana tekanan darah seseorang lebih dari 160 mmhg. Gejala yang dirasakan pasien sering mengeluh sakit kepala terutama dibawah tengkuk , badan terasa lemes, mudah emosi dan terkadang tidak selera makan. Serta tidurnya sering terganggu. Penyakit hipertensi ini apabila tidak segera diatasi maka akan menimbulkan komplikasi-komplikasi seperti stroke, penyakit jantung atau gagal ginjal yang diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah halus akibat tekanan darah yang tinggi. Penyakit hipertensi pada umumnya menyerang pada usia lanjut. Dalam pengabdian masyarakat ini tim pengabdi melakukan kegiatan pemberdayaan keluarga dan Edukasi tentang perawatan hipertensi. Di wilayah Provinsi Banten. Tujuan pengabdian masyarak ini untuk mempertahankan Kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup lansia. Metode kegiatan menggunakan metode edukasi tentang perawatan lansia dengan penyakit hypertensi, pemberian brosur dan pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, nadi dan respirasi). Edukasi dengan metode Ceramah, secara individu atau kelompok dan membagikan brosur tentang perawatan penyakit hipertensi pada lansia..hasil Keluarga menunjukkan perilaku kebiasaan memperhatikan dan merawat Lansia yang menderita hipertensi dengan baik seperti: memperhatikan makan yang dianjurkan dan yang dipantang, minum obat yang teratur, menjaga kestabilan emosinya dan istirahat yang cukup. Saran untuk keluarga dan lansia agar selalu menjaga kesehatannya dengan minum obat secara teratur, kontrol rutin ke pelayanan kesehatan, makan dengan rendah garam dan lemak, cukup istirahat, kontrol emosi tidak merokok dan oleh raga teratur.References
Amir, M. Y., & Sareong, K. M. (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara. 12, 1–12.
Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/ jen.v2i1.461
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010) (Ed.Rev.201). PT Rineka Cipta.
BPS. (2020). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020.
Effendi, K., & Junita, S. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. EXCELLENT MIDWIFERY JOURNAL Kedokteran, Fakultas Sumatera, Universitas, 3(2), 82–90. https://jurnal.mitrahusada.ac.id/index.php/emj/article/ download/ 127/110
Iman, A. T., & Lena, D. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance (Vol. 148).
Infodatin. (2014). Situasi dan Analisis Lanjut Usia. In Pusat Data dan Informasi Kemenkes Ri (Vol. 2, Issue 2, pp. 1–2).
ITS. (2019). Analisis Layanan Publik. Pejabat Pelayanan Informasi Dan Dokumentasi.
Ganjar, J.W., Eli A., Fertin M.( 2022 Indeks kepuasan masyarakat (ikm) dan tingkat kepuasan lansia terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas cipanas kabupaten lebak ( Vol2 no.1 ), JAWARA.
Kaseger, H., Akbar, H., Amir, H., Astuti, W., & Rahayu Ningsih, S. (2021). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas X. Jurnal.Uimedan.Ac.Id, 3(1), 23–33. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/ Jurnalfarmasi/article/view/538
Kemenkes. RI. (2019). Kurikulum Pendampingan Lanjut Usia Bagi Caregiver. 322.
Kemenkes RI. (2017). Situasi lansia di Indonesia tahun 2017: Gambar struktur umur penduduk indonesia tahun 2017. Pusat Data Dan Informasi, 1--9.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eli Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.