PELATIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: KONTRIBUSI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Mohammad Iskandar Dzulkurnain Universitas PGRI Yogyakarta
  • Didik Cahyono Universitas Mulawarman
  • Marzani Marzani IAI Nusantara Batang Hari
  • Ismail Nasar Unika St Paulus Ruteng
  • Titin Kusayang IAIN Kerinci
  • Mike Nurmalia Sari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27560

Keywords:

Pelatihan, Guru, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Penerapan metode pembelajaran inovatif telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efektivitas pendidikan. Metode-metode seperti flipped classroom, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis permainan menawarkan pendekatan yang berbeda dalam mengaktifkan siswa dalam proses belajar-mengajar. Dalam tulisan ini, kami mengeksplorasi pentingnya penerapan metode pembelajaran inovatif dalam konteks kelas. Kami menyoroti manfaat dari setiap metode dan menekankan perlunya integrasi mereka dalam praktik pengajaran guru. Kami menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan sebagai pembelajar mandiri, kritis, dan kreatif.

References

Ahmad, N., Noni, N. S., & Sapari, J. (2023). Impak Pendekatan Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Tahap Motivasi. Asian Pendidikan, 3(1), 60-68.

Azizah, U., Suyono, S., & Yonata, B. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Kimia Melalui Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Banyuwangi. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-95.

Fitrawansah, F., Sultan, S., Alif, J. K., Isma, A. A., Yope, S. A., & Harviani, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Media E-Learning Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13884-13892.

Hiasa, F., & Agustina, E. (2020). Pelatihan model-model pembelajaran inovatif untuk guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Anugerah, 2(1), 19-26.

Ilmi, A. R. M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782-789.

Kamaruddin, I., Sari, M. N., Abdurrahman, A., Istiqomah, I., Herman, H., & Andriani, N. (2024). Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(2), 11349-11358.

Pratama, E. Y., Tahalele, O., Cahyono, D., Franchisca, S., Rohani, T., & Sari, M. N. (2024). PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME PADA PENDIDIKAN TINGGI: MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN MOTIVASI MAHASISWA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1602-1607.

Rahman, R. (2022). Efektifitas Penerapan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Sma Negeri 9 Makassar. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 40-49.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sitopu, J. W., Pitra, D. H., Muhammadiah, M. U., Nurmiati, A. S., Purba, I. R., & Sari, M. N. (2023). Peningkatan Kualitas Guru: Pelatihan Dan Pengembangan Profesional Dalam Pendidikan. DSpace repository. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9943

Sumaryati, S. (2013). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan model-model pembelajaran inovatif. INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni, 17(2).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Dzulkurnain, M. I. ., Cahyono, D. ., Marzani, M., Nasar, I. ., Kusayang, T. ., & Sari, M. N. . (2024). PELATIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: KONTRIBUSI PERGURUAN TINGGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3823–3830. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27560