PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA KESEHATAN MENTAL MELALUI EDUKASI PENDIDIKAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27389Keywords:
Edukasi Pendidikan Sosial, Kesehatan Mental, Kesadaran MasyarakatAbstract
Kesehatan mental menjadi sorotan utama dalam masyarakat modern saat ini, namun masih terdapat stigma dan kurangnya pemahaman yang mengiringinya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental melalui pendekatan edukasi pendidikan sosial. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi, dan mengimplementasikannya. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan mental, termasuk penyebab, gejala, dan cara penanganannya. Selain itu, terjadi perubahan sikap dan perilaku masyarakat terhadap kesehatan mental, dengan respons positif yang lebih besar terhadap individu dengan masalah kesehatan mental dan penurunan stigma. Dukungan sosial dan moral juga meningkat, menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung bagi individu yang membutuhkan bantuan dalam kesehatan mentalnya. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pendekatan edukasi pendidikan sosial efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental. Kolaborasi antara berbagai pihak juga memberikan dampak yang signifikan dalam menciptakan lingkungan yang lebih mendukung dan toleran terhadap individu dengan masalah kesehatan mental. Dengan demikian, pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam upaya merawat kesehatan mental dan meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat secara keseluruhan.References
Abdulkadir, W. S., & Akuba, J. (2022). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar dalam Pelatihan dan Edukasi Apoteker Cilik dalam Rangka Pencapaian Desa Peduli Kesehatan di Kecamatan Pagimana Pelaksanaan Pembinaan dan pemberdayaan program pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan. Jurnal Sibermas ( Sinergi Pemberdayaan Masyarakat ), 11(1).
Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120.
Asfahani, A. (2019). Model Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak (Studi Kasus Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi MTs Negeri Ponorogo). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 13–36.
Astutiningsih, C., Tjahjani, N. P., & Listyani, L. (2021). Pengenalan Profesi Apoteker dan Mengenali Obat Sejak Usia Dini. Jurnal Abdidas, 2(3), 713–719. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.344
Aulia Rida, Kusumastuti Retno, Kota, P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan , Kewirausahaan , dan Lingkungan Pendahuluan. Jurnal of Community Research and Engagement, 3(1), 71–84.
Bakti, R., Rinovian, R., Mahendika, D., & Andrini, V. S. (2023). Membangun Masa Depan yang Lebih Baik: Mengatasi Tunawisma, Kesehatan Mental, Penyalahgunaan Zat, dan Ketenagakerjaan melalui Advokasi, Pendidikan, dan Kolaborasi Komunitas. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 335–344.
Deswalantri, D., Rais, R., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Lebah dalam Meningkatkan Kreativitas Pemuda.
Dewi, I. nurani, Royani, I., Sumarjan, S., & Jannah, H. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Skala Rumah Tangga Menggunakan Metode Komposting. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(1), 12–18. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i1.172
Fatmawati, R. (2023). Implementasi Program Inklusi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Jawa Barat dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
Hakim, L., Khusniyah, N. L., & Mustafa, P. S. (2023). Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan Disabilitas di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 44–49.
Handayani, L., Wijaya, C. S., & Dewi, M. K. (2020). Edukasi Pola Asuh dan Bahaya Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(1), 1–9.
Haslinah, A., Tahir, U., Al Imran, H., Asfahani, A., & Larisu, Z. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Lingkungan Hijau Bebas Polusi Di Kota Makassar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8906–8912.
Haura, S.-, Irfan, M.-, & Santoso, M. B. (2021). Proses Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Program Mandiri Entrepreneur Center (Mec) Oleh Yatim Mandiri Bogor. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 203. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34294
Hayati, A. M. U. (2020). Shalat Sebagai Sarana Pemecah Masalah Kesehatan Mental (Psikologis). Spiritualita, 4(2).
Jamin, N. S., Asfahani, A., Munirah, M., Prusty, A., & Palayukan, H. (2024). Cross-Cultural Pedagogical Perspectives: A Collaborative Study with Indian Scholars in Childhood Education. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 4(1), 77–85.
Kamil, I. (2018). Peran Komunikasi Pemerintahan dalam Penanganan Lingkungan Kumuh. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3322
Mâ?? Liliana, Asfahani Asfahani, & Mariana Mariana. (2023). Comparative Analysis of Educational Policies: A Cross-Country Study on Access and Equity in Primary Education. EDUJAVARE: International Journal of Educational Research, 1(1), 19–28.
Mega, I. R., & Sugiyarti, S. (2021). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Program Pelatihan Kreativitas Untuk Melatih Kemandirian Ekonomi. Adimas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.3096
Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121–7128.
Muhtarom, A. (2019). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261
Ni’amah, M., Asfahani, A., Musa, M., & Husnita, L. (2023). Pendampingan Kajian Agama dan Wawasan Keagamaan dalam Meningkatkan Spiritual Siswa SMK. Assoeltan: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 11–19.
Octavia, D. R., & Aisyah, M. (2019). Pelatihan Apoteker Cilik Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Penggunaan Obat Yang Tepat Di Lamongan. JCES (Journal of Character Education Society), 2(2), 1–10.
Pangkey, E. T., Sondakh, M., & Rembang, M. (2020). Persepsi Masyarakat Kelurahan Lapangan Kecamatan Mapanget Tentang Pungutan Liar Oleh Oknum Polisi Kepada Pengendara Motor. Acta Diurna Komunikasi, 2(4).
Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186
Putri, T. K., & Ahyanuardi. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga dan Kreativitas terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(02).
Rahardjo, B., Ediyono, S., & Putri, D. K. (2020). Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Family Development Session (FDS) pada Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala, 2(2), 72–77.
Rosyadi, S., Setyoko, P. I., Kurniasih, D., Ramadhanti, W., Kusuma, A. S., & Atika, Z. R. (2021). Penguatan Kapasitas Peran Sosial Bumdes dalam Penanggulangan Dampak Ekonomi COVID-19. Wikrama Parahita?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2554
Sirmayanti, S., Mahjud, I., Marwan, M., Puspita, I., Mahyati, M., Rizal, M., Hasanah, U., Mujahida, N., Yusrianto, Y., & Fadli, M. N. (2022). Pemberdayaan Media Kreativitas Pemuda Melalui Content Creator Media Sosial. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 7(1), 327–333.
Stephenson, L. (2023). Collective creativity and wellbeing dispositions: Children’s perceptions of learning through drama. Thinking Skills and Creativity, 47(November 2022), 101188. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101188
Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. (2023). Mengurangi Ketimpangan Sosial Melalui Program Bantuan Pendidikan Bagi Anak-Anak Kurang Mampu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440–8447.
Tamam, M. B., Wijanarko, T., Mahendika, D., Mas’ ud, I. A., Yufrinalis, M., & Setiadi, B. (2023). Memberdayakan Pemuda untuk Masa Depan yang Lebih Cerah: Memberikan Pendidikan, Bimbingan, Peluang Kerja, dan Dukungan Kesehatan Mental. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 354–363.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asfahani Asfahani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.