LITERASI BAHASA INGGRIS: ENGLISH READING CORNER DI SMAN 1 FATULEU KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Priscilla Maria Assis Hornay Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Damianus Talok Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Kletus Erom Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Florentina Tupen Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27124

Keywords:

Literasi, Pojok Baca Bahasa Inggris, Pengajaran Bahasa

Abstract

SMAN 1 Fatuleu di Kabupaten Kupang merupakan salah satu sekolah menengah di NTT yang siswanya memiliki tingkat kecakapan Bahasa Inggris yang rendah. Fasilitas perpustakaan yang tidak memadai dengan hampir tidak adanya buku bacaan Bahasa Inggris memberikan dampak negatif terhadap motivasi belajar dan tingkat literasi para peserta didik. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang menginisiasi pembuatan dan pendampingan pojok baca Bahasa Inggris untuk mengatasi persoalan tersebut. Kegiatan PkM ini terdiri dari beberapa tahap yakni: pertama, observasi dan diskusi awal. Kedua, pembuatan pojok baca. Ketiga, sosialisasi dan kegiatan membaca bersama. Keempat, kegiatan refleksi oleh guru dan para siswa.  Hasil dari kegiatan PkM ini adalah sebuah pojok baca Bahasa Inggris dengan koleksi 70 buku bacaan dalam Bahasa Inggris. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi para siswa berupa peningkatan minat baca dan perbendaharaan kosa kata dalam Bahasa Inggris. Bagi guru, buku-buku yang berada di pojok baca dimanfaatkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih interktif di dalam kelas.  

References

Apriliani, V., Arisandi, F., Irwandi, & Adriadi, R. (2014). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SMPN 23 Bengkulu Selatan. Community Development Journal, 5(1), 1317–1321.

Azmi, Z., Diansyah, A., Idris, H., Dharma, Y., & Zunaida. (2023). Peranan Pojok Baca Meningkatkan Literasi Siswa di Mesjid AN-NUR Desa Mulya Subur, Kecamatan Pangkalan Lesung. Community Development Journal, 4(4), 7597–7601.

Durisa, T. S., Hainun, R., Dewi, D. E. C., Qurniati, A., & Zulyan. (2023). Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Melalui Pengembangan Pojok Baca Sebagai Sarana Pembelajaran. Community Development Journal, 4(2).

European Literacy Network. (2016). European Declaration of the Right to Literacy. https://www.literacyworldwide.org

KEMENDIKBUD. (2016). Panduan Gerakan Literasai Sekolah di Sekolah Menengah Atas. https://repositori.kemdikbud.go.id/55/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SMA.pdf

KEMENDIKBUD. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. https://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks%20Aktivitas%20Literasi%20Membaca%2034%20Provinsi

Mahdi, M. I. (2022, February 3). Kecakapan Bahasa Inggris di Indonesia Peringkat Kelima Asean. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/kecakapan-bahasa-inggris-di-indonesia-peringkat-kelima-asean

Montoya, S. (2018). Defining literacy. https://gaml.uis.unesco.org/wp-content/uploads/sites/2/2018/12/4.6.1_07_4.6-defining-literacy.pdf

Munafiah, N., Ferianto, Makbul, M., Suryana, S., & Ulya, N. (2024). Pendampingan Pembiasaan Literasi Siswa SD Melalui Pojok Literasi di Desa Kutamaneuh, Kawarawang. Community Development Journal, 5(2), 3147–3151.

Nabung, A. (2023, May 2). Mutu Pendidikan dan Merdeka Belajar: Suara dari NTT. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/02/173000471/mutu-pendidikan-dan-merdeka-belajar--suara-dari-ntt?page=all

Saudah, Jeri, A., Kharja, A. L., Rahman, D., Anggraini, D., Hidayatullah, I., Maharani, K., Romadona, K. A., Sholihati, L., Aisyah, M., & Nuraji, S. (2023). Membangun Minat Baca Anak Melalui Pojok Literasi di SDN 1 Desa Danau Pantau. Community Development Journal, 4(5), 10000–10006.

Septiara, Yudha, R. K., Dewi, D. E. C., Lisdayanti, S., & Lubis, E. (2023). Memperbaiki Pojok Baca Serta Meningkatkan dan Menumbuhkan Minat Baca Siswa-Siswi SD Negeri 87 Kota Bengkulu dengan Program Bedah Perpustakaan. Community Development Journal, 4(2), 3932–3936.

The English Language Centre. (2013, October 13). Why learning English is so important. https://www.elc-schools.com

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Assis Hornay, P. M., Talok, D. ., Erom, K., & Tupen, F. . (2024). LITERASI BAHASA INGGRIS: ENGLISH READING CORNER DI SMAN 1 FATULEU KABUPATEN KUPANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4425–4429. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27124

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.