PENYULUHAN PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN KEPADA PELAKU USAHA IKAN HIAS JATINEGARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26973Keywords:
QRIS, Pelaku Usaha, Pembayaran DigitalAbstract
Tujuan diadakan kegiatan penyuluhan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman adaptasi pelaku usaha terhadap teknologi guna menghadapi transformasi digital yang terjadi secara terus-menerus dan semakin cepat. Serta meningkatkan minat tentang penggunaan aplikasi digital QRIS pada pelaku usaha Pasar Ikan Hias di Jatinegara sebagai alat pembayarany efisien dan mudah digunakan yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha di era digital. Kegiatan pengabdian meliputi penyuluhan tentang penggunaan QRIS di Pasar Ikan Hias Jatinegara, Jakarta Timur. Ada 15 peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan penyuluhan tentang penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran pelaku usaha. Penyuluhan dan pemaparan materi mengenai pendaftaran dan penggunaan QRIS sangat diterima dengan baik oleh pelaku usaha Ikan Hias yang berada di Pasar Jatinegara. Penyuluhan ini terbukti efektif mengubah pemikiran sebagian pelaku usaha mengenai pergantian alat transaksi dari transaksi konvensional ke transaksi digital, sehingga mereka terfikir untuk menambahkan QRIS sebagai alat pembayaran yang legal dan dapat digunakan di kedai mereka masing-masing.References
A Burda, R Haholongan (2021). The Influence of service quality on customer satisfaction workshops. International journal Economic and business applied 2 (3),377-384
Ahmad Farhan, A. W. (2023). Penggunaan Metode Pembayaran QRIS Pada Setiap UMKM di Era Digital. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN).
Khairina Natsir, N. B. (2023). Penggunaan QRIS sebagai Alat pembayaran Digital untuk meningkatkan produktivitas UMKM. Jurnal Serina Abdimas.
Rutinaias Haholongan, R. M. (2019, April ). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Integrated. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, Volume 5 No 1, 13-17. doi:http://dx.doi.org/10.21107/pgd.v5i1.5158
Rutinaias Haholongan. (2021). Pemasaran Global. Makassar: Yayasan Barcode.
R Haholongan, R Maronrong, A Burda, J Hariyanto, DS Sampurna.(2023). Pelatihan Internal Auditor ISO 9001:2015 Pada karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Jurnal Abdimas Bina Bangsa Vol. 4 No. 1 (10.46306/jabb.v4i1), 717-724. doi:10.46306/jabb.v4i1.485
Siti Munawaro, W. E. (2023). pelatihan interaktif penggunaan aplikasi digital qris sebagai alat pembayaran pada umkm di desa kraton, kecamatan krian, kabupaten sidoarjo. welfare jurnal pengabdian masyarakat, 480-484.
Sukardi, 1997. Bimbingan dan penyuluhan. Surabaya : Usaha Nasional.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabe
Tambunan, Tulus, 2009, UMKM di Indonesia. Bogor : Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rutinaias Haholongan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.