PENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NEGOSIASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26971Keywords:
Pair Check, Kemampuan Menulis, Teks Negosiasi.Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks negosiasi pada kelas X MAS Quran Kisaran, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.Berdasarkan hasil observasi kemampuan siswa selama ini dalam menulis masih rendah, maka peneliti berharap dengan menggunakan model pembelajaran pair check, siswa di MAS Quran Kisaran mampu menulis teks negosiasi dengan baik.. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini terdapat 2 kelas yaitu kelas IPS dan kelas IPA dengan pengambilan sampel dengan cara total sampling. Pada kelas IPS sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 28 siswa dan pada kelas IPA sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran Pair Check yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi pada kelas IPS yang dijadikan sebagai kelas kontrol memiliki skor rata-rata 70,17 dan hasil nilai kemampuan menulis teks negosiasi pada kelas IPA yang dijadikan sebagai kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 81,60. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pair Check lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa terhadap kemampuan menulis teks negosiasi.References
Asrini, N. W. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(2), 338–344. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25019.
Aulia, F. T., & Gumilar, S. I. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat Cetakan (Vol. 1).
Citra, anis yulia, & Supriyono. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Slempit Kedamean Gresik Anis Yulia Citra Supriyono. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1020–1029.
Gulo, A., Harefa, T., & Bawamenewi, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Teks Negosiasi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning. Educatum: Jurnal Ilmu, 1(1), 158–165. https://educatum.marospub.com/index.php/journal/article/view/46%0Ahttps://educatum.marospub.com/index.php/journal/article/download/46/92.
Gultom, W. L., & Naelofaria, S. (2023). Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X Sma Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11698–11706.
Henri. (2018). Kinerja, Motivasi,Kebutuhan, Lingkungan. Angewandte Chemie, 17–32.
Heriwan, D., & Taufina. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 673-680.
Huda, Z., & Warma, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pair Checks Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Ensiklopedia Education Review, 4(3), 194–200. https://doi.org/10.33559/eer.v4i3.1466.
Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. R. W. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS.
Khotimah, A. H., Kuswandi, D., & Sulthoni. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tsaqifa Nusantara: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial, 2(02), 152. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i02.25302.
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual
Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.
Lubis, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi melalui Teknik Wawancara Imajinatif dengan Tokoh Idola. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 53. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1002.
Melani, A. E. T., Candiasa, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3Gianyar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19900.
Mukhlis, M., & Asnawi. (2018). GERAM (Geram Aktif Menulis). 6, 47–53.
Nirwana, & Rahim, R. A. (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557–566. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.277.
Nurbaiti, A., Supriyono, & Hastuti. (2020). Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi tawar menawar yang dilakukan oleh dua orang atau lebih guna untuk mencapai suatu kesepakatan bersama dengan tujuan. 1–15.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung 2019 / 2020.
Pratiwi, V. U., Nofrahadi., Pendri, A., Komalasari, D., & Sumarwati. (2021). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Keterampilan Menulis Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Dasar. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 30-37.
Qotimah, D. N., & Nawawi, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 77–82. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7990.
Redasi, L. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 492–498. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45861.
Rejeki, E. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di Sma Negeri 1 Sibabangun. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 75–81. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu.
Rosada, A., Luthfiana, M., & Yanto, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Pada Soal Cerita Kelas Viii Smp Ar-Risalah. Journal Of Mathematics Science And Education, 5(2), 112–119. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i2.2555.
Sari, R. M., Masniari, S., & Agustina, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions ( Stad ) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Kelas X SMA Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan , Universitas Asahan , Indonesia. 4(2).
Satira, I., Sunarsih, E., & Zulfahita, Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Pair Checks Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 45. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2050.
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semak Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92.
Tarigan, H. G. (2008). MENULIS SEBAGAI SUATU KETERAMPILAN BERBAHASA. Bandung: Angkasa Bandung.
Weny Septiani, & Amril Amir. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Pada Materi Teks Negosiasi Siswa Kelas X Sman 1 Sarolangun. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.78.
Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Aplikasi Prezi Pada Siswa Kelas X Sma. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 14(1), 77. https://doi.org/10.26499/loa.v14i1.1685.
Zebua, A. Y., Harefa, T., & Riana. (2022). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Isi Struktur Teks Negosiasi Dengan Model Direct Instruction.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nila Sudarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.