PENYULUHAN PENULISAN ARTIKEL NASIONAL TERAKREDITASI BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fitri Fitri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26838

Keywords:

Artikel, Guru, Nasional, Penulisan, Penyuluhan, Sekolah Dasar.

Abstract

Guru-guru sekolah dasar sebagian besar tidak terampil dalam menulis artikel ilmiah yang bisa diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi. Guru-guru sekolah dasar perlu diberikan penyuluhan terkait hal ini. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada guru-guru sekolah dasar agar dapat menulis artikel yang bisa diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi. Metode pengabdian yang dilakukan melalui pendidikan masyaakat, yaitu: penyuluh melakukan penyuluhan, penyuluhan berisi aspek pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara menulis artikel ilmiah yang layak untuk dipublikasikan di jurnal, penyuluhan diharapkan menunjukan perubahan perilaku dan tindakan nyata yang berdampak pada peningkatan kualitas guru-guru sekolah dasar dalam publikasi ilmiah. Penyuluhan penulisan artikel nasional ini membekali guru-guru sekolah dasar saat mereka menulis artikel. Penyuluhan ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan agar kualitas menulis ilmiah guru-guru sekolah dasar dapat terus meningkat terutama dalam jumlah publikasi ilmiahnya. Publikasi ilmiah ini merupakan salah satu ciri guru profesional. Periset lanjutan bisa mengupayakan pengabdian dan/atau riset berkaitan dengan implementasi teknis terkait submit artikel pada website jurnal.

References

Birsyada, M., I., & Putro, A., A., Y. (2022). Penguatan Publikasi Hasil Penelitian melalui Workshop Penulisan Karya Ilmiah Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 5(2), 154–164. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/10451

Ekwandari, Y., S., Rachmedita, V., & Triaristina, A. (2024). Pelatihan Penulisan Manuskrip dalam Jurnal Nasional Bereputasi bagi Guru-guru SMA/SMK di Kecamatan Bekri Lampung Tengah. Indonesia Berdaya, 5(1), 229–236. https://doi.org/10.47679/ib.2024678

Fauziah, N., Oktariani, Rahmawati, & Roizawati. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Nasional Terakreditasi kepada Guru di SMAN 3 Tualang Kabupaten Siak. Community Education Engagement Journal, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i1.10787

Idrus, A., Setiyadi, B., Pratama, R., & Sufri. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803

Juliawan, I., W., Suhardita, K., & Suastini, N., W. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD N 5 Kediri Tabanan. Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.5281/zenodo.7455698

Kaharuddin, Nurlina, Syatriana, E., Yumriani, Ratnawati, Sari, N., & Ahmad, A. (2022). Pelatihan Penulisan Jurnal dan Publikasi di Sekolah SMAN 3 Sinjai Sulawasi Selatan. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 508–514. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226

Karelius, & Coendraad, R. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah untuk Guru SMA Negeri 5 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Balanga, 7(2), 66–76. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educati

Mirnawati, L., B., Afiani, K., D., A., Faradita, M., N., Naila, I., & Martati, B. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Surabaya. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 202–212.

Mulyan, A., Muzzakir, A., & Isnaini, L., M., Y. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–4.

Munasir, Jatmiko, B., Dwikoranto, & Rasid, H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Se-UPTD Pendidikan Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Jurnal Abdi, 5(2), 119–125. https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/view/6283%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/download/6283/3458

Putra, Y., Y., & Saputra, A. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.16

Rizhardi, R., Ayu, I., R., Irawan, D., B., Ifnuari, M., R., & Jannah, U., R. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Menjadikan Guru Sekolah Dasar Profesional. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 214–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.6955

Sudirman, Gunayasa, I., B., K., Widiada, I., K., Zain, M., I., & Amrullah, L., W., Z. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi Artikel bagi Guru Guru SD Gugus V Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Jurnal Warta Desa, 4(3), 179–183. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.201

Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234

Widiana, I., W., Tristiantari, N., K., D., Rediani, N., N., Yudiana, K., E., & Sari, N., M., D., V., S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117

Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2022). Penyuluhan Jenis Sumber Belajar Digital Guru di Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 372–378. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4214

Witarsa, R., Nurmalina, Mufarizuddin, & Ardalina. (2023). Penyuluhan Cara Mereview Artikel Jurnal menggunakan AI bagi Guru-guru Jenjang Pendidikan Dasar. Communnity Development Journal, 4(6), 11497–11501.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Witarsa, R., Masrul, M., Nurmalina, N., Fitri, F., & Mufarizuddin, M. (2024). PENYULUHAN PENULISAN ARTIKEL NASIONAL TERAKREDITASI BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3207–3211. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26838

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.