APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK COKLAT DI JUNGLEGOLD BALI

Authors

  • I Putu Nanda Diva Aditya Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Julia Mahadewi Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26790

Keywords:

Aplikasi Tiktok, Pemasaran, Jungle Gold

Abstract

strategi pemasaran produk coklat JungleGold melalui media sosial TikTok dengan pendekatan Zero Moment of Truth (ZMOT). Pemasaran melalui media sosial menjadi penting karena memungkinkan perusahaan untuk mencapai pasar yang lebih luas dan beragam. JungleGold mengalami kendala dalam melakukan promosi secara konvensional, sehingga memilih memanfaatkan TikTok sebagai sarana pemasaran. TikTok memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya, terutama dari kalangan generasi muda, sehingga memiliki potensi besar sebagai platform pemasaran yang efektif. Penggunaan TikTok memungkinkan JungleGold untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan informatif bagi konsumen potensial mereka. Melalui konten-konten kreatif dan edukatif, JungleGold dapat meningkatkan kesadaran konsumen akan merek mereka. Video-video yang menampilkan proses pembuatan produk coklat dan testimoni konsumen dapat memberikan gambaran yang nyata tentang produk JungleGold. Dalam pengabdian masyarakat ini, JungleGold mengatasi permasalahan pemasaran produknya dengan menggunakan pendekatan ZMOT. ZMOT memungkinkan JungleGold untuk menarik perhatian konsumen potensial saat mereka sedang mencari informasi tentang produk atau layanan tertentu. Melalui penerapan ZMOT pada TikTok, JungleGold dapat menciptakan pengalaman yang positif dan relevan bagi konsumen, sehingga meningkatkan peluang konversi dan loyalitas konsumen.

References

J. & F. J. Lecinski, "Moment of Truth," Think with Google, 23 Juli 2013.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi ke-5, jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Darmadi, Durianto dkk. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez). JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 10(1), 26-33.

Kotler, P. (2006). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Assael, H. (1992). Consumer Behavior and Marketing Action. Edisi ke-4. Boston (US): PWSKENT Publishing Company.

Rangkuti, Freddy (2002). Measuring Customer Satisfaction. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Durianto et al. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Aditya, I. P. N. D. ., & Mahadewi, K. J. . (2024). APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK COKLAT DI JUNGLEGOLD BALI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3176–3180. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26790