PENDAMPINGAN GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM DARUL IMAN (SMIDI) TERENGGANU, MALAYSIA

Authors

  • Fitra Awalia Rahmawati Universitas Darussalam Gontor
  • Umi Mahmudah Universitas Darussalam Gontor
  • Mandrasi Amira Sa’idah Universitas Darussalam Gontor
  • Sakinata Salsabila Universitas Darussalam Gontor
  • Fifi Prapita Liana Universitas Darussalam Gontor
  • Citra Novalia Mahardika Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26639

Keywords:

Pendampingan, lingkungan bahasa, Bahasa Arab

Abstract

Lingkungan berbahasa mempunyai peran penting dalam pemerolehan bahasa kedua sebgai salah satu metode dalam pembelajaran bahasa arab. Permasalahan yang dihadapi para guru dalam mengajarkan bahasa arab adalah para pembelajar belum bisa sampai kepada orientasi komunikasi. Tujuan PkM adalah untuk memberikan pendmpingan bagi guru guru pengajar bahasa arab dalam pembentukan lingkungan berbahasa arab.Objek sasaran kegiatan ini adalah guru-guru pengajar bahasa arab di Sekolah Menengah Islam Darul Iman (SMIDI) Terengganu, Malaysia. Metode Pelaksanaan PkM yang digunakan adalah pendampingan dengan tahapan observasi, sosialisasi, pendampingan dan praktek. Kegiatan PkM dilaksanakan pada tanggal 12-19 November 2024 bertempat di Sekolah Menengah Islam Darul Iman (SMIDI) yang beralamtkan di Jalan Sultan Sulaiman, Bandar Al Muktafi Billah Shah, 23400 Al-Muktafi Billah Shah, Terengganu, Malaysia.  Hasil pelaksanaan kegiatan PkM adalah pendampingan para guru bahasa arab di SMIDI terkait teori pembentukan lingkungan berbahasa arab melihat kepada pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor, juga pada praktek pembelajaran bahasa arab dilakukan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan ini diakhiri dengan pentas seni sebagai hasil dari semua kegiatan yang sudah berjalan.

References

Nasution, S. (2020). Pembentukan lingkungan bahasa Arab di perguruan tinggi keagamaan Islam.

Rahman, H., & Maisurah, F. L. (2023). Pengajaran Bahasa Arab dan Sosiologi Masyarakat Islam Indonesia: Kajian Fenomenologi-Sosiolinguistik. Cognitive: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 31–46.

Retnawati, H., Rahmatullah, S., Djidu, H., & Apino, E. (2020). Has Arabic Language Learning Been Successfully Implemented?. International Journal of Instruction, 13(4), 715–730.

Rini, F. S., & Zughrofiyatunnajah, Z. (2021). ?????? ??????? ????? ??? ?????? ?????? ?????? ????? ????????? ???????? ????? ?? ??? ?????? ?????? ?????? ??????? ??? ???? ???? ?????. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 798–813.

Salida, A., & Zulpina, Z. (2023). Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Quran dan Ijtihadiyyah. Jurnal Sathar, 1(1), 23–33.

Utama, F. T., Maheran, S., & Safarudin, M. (2023). Pelatihan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Maharah Kalam) Melalui Program Yaumul ‘Arabiyah bagi Guru dan Karyawan di Pondok Pesantren Adzkiya Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 3(1), 40–54.

Zarkasyi, A. H., Rahmawati, F. A., Wahyudi, M., & Istiqomah, I. (2021). Pelatihan Menyusun Bahan Ajar untuk Pengembangan Bahasa Arab Hikmah Di Ponpes Al Hikmah Karangmojo Gunung kidul. Journal of Human and Education (JAHE), 1(1), 18–23.

Zarkasyi, A. S., Rofi’i, M. A., Robi’aqolbi, R., Rahmawati, F. A., Istiqomah, A., & Hazrah, A. (2022). Pendampingan Penyusunan Materi Percakapan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan Jawa Timur. Room of Civil Society Development, 1(2), 52–58.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Rahmawati, F. A. ., Mahmudah, U. ., Sa’idah, M. A. ., Salsabila, S. ., Liana, F. P., & Mahardika, C. N. . (2024). PENDAMPINGAN GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM DARUL IMAN (SMIDI) TERENGGANU, MALAYSIA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2952–2959. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26639