PENYULUHAN TEKNIK MENINGKATKAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI DI PAUD DAARUSSOLIHIN CILEGON
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26363Keywords:
Kecerdasan Majemuk, Teknik Orang Tua, Anak Usia Dini.Abstract
Kegiatan penyuluhan tentang kemampuan kecerdasan majemuk pada anak usia dini melalui seminar parenting kepada orang tua bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam kepada orang tua di Kecamatan Grogol agar para orang tua memahami bahwa setiap anak memiliki kecerdasan dengan kemampuan yang berbeda-beda sehingga orang tua dapat meningkatkan kemampuan anak sesuai dengan bakat dan minatnya. Kegiatan pengabdian ini di laksanakan di Tegal Wangi Kruwuk, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol Kota Cilegon yang dihadiri oleh orang tua murid khususnya di PAUD Daarussholihin. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah dengan metode survei lapangan dan seminar dengan melibatkan 15 orang tua murid dan 4 guru PAUD. Hasil dari kegiatan pengabdian ini terdapat peningkatan pemahaman orang tua mengenai teknik merangsang kecerdasan majemuk pada anak menjadi lebih baik. Orang tua yang hadir menjadi lebih memahami bagaimana meningkatkan kecerdasan anak tanpa mengabaikan kecerdasan lainnya.References
Gardner H. 1993. Multiple Intelligences (The Theory in Practice). New York: Basic Books
Ardiani R. 2022. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini MURHUM. Vol. 3, No. 1, Doi: 1037985.
(KBBI, K. B. B. I. (2021). Arti Kata Cerdas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Zenderland, L. (1998). Measuring minds: Henry Herbert Goddard and the origins of American intelligence testing. New York: Cambridge University Press.
Mayasari N dkk. 2021. Deteksi Bakat dan Kecerdasan Anak Berdasarkan Kecerdasannya (Analisis Teori Multiple inteligensi). Penerbit dan Agency CV. Rizquna. Banyumas, Jawa Tengah.
Handayani N. 2022. Stimulasi Kecerdasan Majemuk Melalui Pendekatan Saintifik untuk Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah. Vol. 10, No 1 e-ISSN: 2716-2435
Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197.
Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mahsiani Mina Laili
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.