PEDAMPINGAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU TERHADAP SISWA DI SMP NEGERI 25 BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26335Keywords:
Pendampingan, Tingkah laku, kelas 8C, PancasilaAbstract
Kegiatan Pendampingan Perubahan Tingkah Laku Terhadap Siswa di SMP Negeri 25 Bengkulu Utara merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar Universitas Muhammadiyah Bengkulu di sekolah SMP Negeri 25 Bengkulu Utara. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi yang ketiga yakni pengabdian kepada masyarakat dengan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah pengarahan tingkah laku siswa di kelas 8C pada 11 Oktober 2023 dengan harapan dapat membawa perubahan terhadap tingkah laku siswa karena salah satu inti dari pendidikan adalah untuk mengubah tingkah laku menjadi lebih baik sehingga dalam kegiatan ini menghasilakan sebuah perubahan tingkah laku siswa yang terlihat dari siswa yang lebih baik dalam berperilaku terhadap sesama maupun kepada tenaga pendidik di sekolah. Cara penyampaian yang mudah diterima oleh siswa adalah dengan bercerita dan juga penyampaian dengan mencontohkan perilaku yang baik terlebih dahulu. Adanya kegiatan pengarahan tingkah laku siswa merupakan kegiatan yang amat dibutuhkan terhadap siswa dimasa sekarang yang mana pengaruh dari internet dan tontonan siswa mempengaruhi perilakunya sehari-hari maka dari itu perlu pengarahan agar tidak terjerumus terlalu jauh dalam pengaruh perubahan zaman.References
Ades, Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.
Ardianti, Sekar Dwi, Savitri Wanabuliandari. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Smart Module Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. Jurnal Pengabdian Danpemberdayaan Masyarakat, 25-30.
Agustina, S., Jumri, R., Ramadianti, W., Asmara, A., Kusuma Yudha, R., Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Muhammadiyah Bengkulu, U., & Kewararaan, P. (2023). PENDAMPINGAN PERSIAPAN LCTS TINGKAT KECAMATAN BAGI SISWA SMP NEGERI 25 BENGKULU UTARA. Communnity Development Journal, 4(6).
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pmbelajaran.
Fahrizal, M. A. (2021). Tingkah Laku Terpuji.
Fazrian, R., Syafri Jamain, dan Ramanda Fazrian, K. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER AKHLAK MULIA PADA PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG RAYA APPLICATION OF NOBLE MORAL CHARACTER EDUCATION TO CHANGES OF STUDENT’S ATTITUDE IN CLASS XI MAJOR MECHANICAL ENGINEERING IN SMK STATE 1 TANJUNG RAYA. Journal of Social and Economics Research, 3(2).
Al Hafiz, M. I., Kusuma Yudha, R., Adriadi, R., Manjato, A., & Lisdayanti, S. (2023). PESANTREN RAMADAN SEBAGAI SARANA KEILMUAN DASAR ISLAM SISWA SD NEGERI 05 ANDALEH. Community Development Journal, 4(Juni).
Annisa Nurhayati, A. N., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Wellyana, W. (2022). Pengembangan Pemahaman Kegiatan Nurmerasi Terhadap Siswa-Siswi di SMP Negeri Satu Atap 3 Pubian, Lampung Tengah. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 760–766.
Lestari, A., Lubis, E., Lisdayanti, S., Kunci, K., Rasa Nasionalisme, M., & Lagu Wajib Nasional, M. (2022). MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME MELALUI PENGHAFALAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA SISWA SDN 09 BERMANI ILIR, KEPAHIANG.
Liuk, M. D., Sularso, P., & Mustikarini, I. D. (2021). Paidea: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Penanaman Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Kesetiakawanan.
Mayori, M., Ramadianti, W., Jumri, R., & ... (2023). Bimbingan Belajar Matematika Siswa Sd Pada Materi Pecahan Di Kelurahan Penurunan. … Kuliah Kerja Nyata …, 28–32.
Renaldy, A., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Kampus Mengajar 3. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 772–880.
Sartika, A. R., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel dan Power Point Pada siswa-siswi di SMPN 4 Kutacane. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 712–721.
Siswanto, R., Jumri, R., Masyita Ariani, N., Riwayati, S., Adriadi, R., Matematika, P., Publik, A., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Muhammadiyah Bengkulu, U. (2023). PENGGUNAAN ALAT PERAGA OBIBUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB. Communnity Development Journal, 4(6), 13678–13683.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Walidaeni, A. N., Taufiq, R., & Akbar, M. (2021). Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yohana Putri Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.