DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK: MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK SEJAK DINI

Authors

  • Idzni Azhima Universitas Al Washliyah Medan
  • Armanila Armanila Universitas Al Washliyah Medan
  • Hasnah Siahaan Universitas Al Washliyah Medan
  • Mesran Mesran Universitas Al Washliyah Medan
  • Nikmah Royani Harahap Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.26021

Keywords:

Deteksi dini, Tumbuh kembang, Anak Usia Dini

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan proses yang terjadi secara berkesinambungan pada setiap individu. Setiap individu mengalami perubahan-perubahan yang berbeda dengan individu lainnya. Masa usia dini merupakan masa emas yang cukup singkat dan tidak akan terulang kembali dalam kehidupan seorang anak. Sehingga diharapkan bagi para orang tua secara optimal memberikan perhatiannya terhadap proses tumbuh kembang anak sejak dini. Oleh karena itu, perlu bagi para orang tua untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang pada anak, karena tumbuh kembang pada anak usia dini merupakan hal dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang selanjutnya, sehingga tercapainya tumbuh kembang yang optimal serta sesuai dengan potensi yang dimiliki anak. Deteksi tumbuh kembang pada anak sejak dini tidak hanya berfokus pada bagaimana cara mengenali potensi anak, melainkan juga untuk mengetahui adanya permasalahan dalam fase tumbuh kembang, serta mengetahui upaya pencegahan dan pemulihan sedini mungkin pada masa-masa tumbuh kembang anak. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru maupun orang tua mengenai pentingnya deteksi tumbuh kembang pada anak sejak dini, sehingga orang tua dan guru dapat mengenali dan mengembangkan potensi yang ada pada anak sejak dini. Pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan masyarakat ini dilakukan di RA Hayatin Thoyyibah Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan teknik analasis data deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan kegiatan-kegiatan selama pengabdian berlangsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diperoleh pemahaman materi tentang perkembangan anak usia dini, serta bagaimana tindakan intervensi perkembangan pada anak usia dini sehingga para orang tua dan guru dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan juga mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak.

References

Nalle, A. P., & Margiani, K. (2022). Pentingnya Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak Berdasarkan Persepsi Orang Tua di Posyandu Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. Haumeni Journal of Education, 2(1).

Palasari, W., & Purnomo, D. I. S. H. (2012). Keterampilan Ibu Dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang Terhadap Tumbuh Kembang Bayi. Jurnal STIKES, 5(1).

Rukmasari, E. A., Sumarni, N., Gusgus, G. R., & Kosim. (2022). Peran Orang Tua Dalam Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Pada Anak Usia Balita di RT 04 RW 01 Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul-Garut. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Sudirman, I. N. (2021). Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Nilacakra.

Tatminingsih, S., Lulu, H., & Iin, C. (2019). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Tangerang). Universitas Terbuka.

Utomo, & Ismail, M. (2021). Pendampingan Tumbuh Kembang Anak. Nizamia Learning Center.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Azhima, I. ., Armanila, A., Siahaan, H. ., Mesran, M., & Harahap, N. R. . (2023). DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK: MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK SEJAK DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13746–13750. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.26021

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.