PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS GURU DI SDN 13 KOBA KABUPATEN BANGKA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24979Keywords:
Pelatihan, Lectora Inspire, Media InetraktifAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam meningkatkan kapasitasnya baik soft skill maupun Hard Skil dalam penggunaan media interaktif Lectora Inpire. Lectora Inpire mudah untuk digunakan karena tidak menggunakan Bahasa pemograman. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di SDN 13 Koba. Pelatihan dilakukan dengan beberapa tahap, tahap perizinan, pelaksanaan, monitoring, rencana keberlanjutan dan pelaporan. Terdapat beberapa hal yang membuat pelatihan sangat penting untuk guru diantaranya: 1) menambah etos dan semangat kerja, 2) melatih guru untuk selalu mencari informasi dan kebaharuan, 3) menambah hard dan soft skill. Capaian yang didapat dari pelatihan pembuatan media interaktif lectora inspire yakni terjadi peningkatan keterampilan dan kapasitas yang didapati guru SD Negeri 13 Koba dalam merancang media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran.References
Lestari, S (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2), 94-100.
Profil SDN 13 Koba Bangka Tengah 2020
Mahmudah, Anis & Adeng Pustikaningsih. 2019.’Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019’. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 17 No 1 Hlm 102-103.
Apin Nafisah Yasin. 2017. ‘Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA’, Jurnal BioEdu. 6 (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yorenza Meifinda, Nurjanah Nurjanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.