PELATIHAN PEMBUTAN PERANGKAT PENGAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU-GURU DI PEKANBARU

Authors

  • Suripah Suripah Universitas Islam Riau
  • Nurhuda Nurhuda Universitas Islam Riau
  • Mefa Indriati Universitas Islam Riau
  • Indah Febiola Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24509

Keywords:

ATP, Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pelatihan, Perangakat Pengajaran

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan guru-guru dengan diterapkanya kurikulum baru. Perubahan kurikulum merupakan perubahan sistemik yang bertujuan untuk memperbaiki sebuah proses pembelajaran. Salah satu  kendala yang dihadapi oleh para guru adalah adanya perubahan istilah terkait perangkat pembelajaran yang dulu terdiri atas, silabus dan RPP, serta perangkat pendukung lainnya, kini berubah menjadi Alur tujuan pembelajaran (ATP) dan Modul ajar. Maka dari itulah, kegiatan PkM ini direncanakan dengan tujuan untuk sharing dan berbagi pengalaman terkait Alur tujuan pembelajaran (ATP) dan modul ajar. Kegiatan PkM  menggunakan metode pelatihan dengan langkah-langkah: (1) tutorial, (2) pelatihan, (3) pendampingan, dan (4) evaluasi. Dengan diberikanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi para guru untuk dapat menyusun ATP dan modul ajar dengan baik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan persepsi para guru terkait dengan pengetahuan dan peningkatan wawasan serta keterampilan guru dalam mempersiapakan perangkat pengajaran kurikulum merdeka.

References

Anggara, A., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899–1904.

Anggrain, F., Bahri, S., & Septiana, A. (2023). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.

Hidayat, A. (2022). Implementasi Pengembangan Kurikulum dan Model Pendekatan Pembelajaran terhadap Inovasi Kurikulum di Masa End Demic Covid-19. Journal on Teacher Education, 3(3), 570–580.

Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589

Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1–25.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Suja’i, C. A. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Nurul Qomar. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 147–170.

Suripah, S., Abdurrahman, A., Firdaus, F., Widiati, I., Istikomah, E., & Habibah, U. (2023). Pelatihan dan Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 186–193.

Wulandari, Y., & Wahyudin, A. (2020). Strategi Peningkatan Kompetensi Pengarah Acara TVRI Jawa Barat Sesuai SKKNI. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 16(1), 45–53.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Suripah, S., Nurhuda, N., Indriati, M., & Febiola, I. . (2024). PELATIHAN PEMBUTAN PERANGKAT PENGAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU-GURU DI PEKANBARU . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1354–1360. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24509

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.