PENDAMPINGAN PERSIAPAN LCTS TINGKAT KECAMATAN BAGI SISWA SMP NEGERI 25 BENGKULU UTARA

Authors

  • Septia Agustina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Winda Ramadianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Risnanosanti Risnanosanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24412

Keywords:

Pendampingan belajar, Kampus Mengajar Mandiri, Lomba Cepat Tepat Sains

Abstract

Kegiatan pendampingan belajar bagi siswa Sekolah Menengah Pertama merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Kampus Mengajar Mandiri Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Bengkulu Utara. Melalui Program Kampus Mengajar Mandiri ini, diharapkan Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman hidup dalam terjun langsung ke dunia pendidikan dan mampu menerapkan pengetahuan akademik mereka. Mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada Program Kampus Mengajar Mandiri melaksanakan salah satu kegiatan yaitu bimbingan belajar bagi anak-anak kelas VIII dan IX yang akan mengikuti Lomba Cepat Tepat Sains (LCTS) kepada siswa di SMP Negeri 25 Bengkulu Utara, demi meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terutama pada matematika. Dengan itu untuk dapat lebih mengingat lagi mata pelajaran matematika pada tingkat Sekolah Menengah Pertama di kelas VII, VIII dan IX tidaklah mudah, dibutuhkan banyak metode agar anak-anak tingkat Sekolah Menengah Pertama dapat dengan mudah untuk menerima dan memahami dalam pembelajaran matematika. Salah satu metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan adalah pembahasan soal-soal latihan olimpiade dan tanya jawab. Kegiatan ini dapat memberikan nilai positif pada proses pembelajaran pemahaman matematika pada anak-anak di SMP Negeri 25 Bengkulu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwah telah diperoleh 50% anak-anak Sekolah Menengah Pertama sudah menguasai materi yang pernah dipelajari sebelumnya. Sehingga menghasilkan hasil yang maksimal yaitu meraih juara 1 dalam Lomba Cepat Tepat Sains (LCTS).

References

Abidin, Z. (2006) Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. INSTANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan

Amir, Z, & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Sumadji, A. R. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 350–358. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5667

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). ??No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 2(10), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Erfan, M., Ratu, T., Yahya, F., Walidain, S. N., & Fitriyanto, S. (2019). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional (Osn) Tingkat Kabupaten Bagi Siswa Sma Negeri 4 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1026

Erny Untari, 2013. Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika, Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Volume 13 No.1 (Halaman 2). Magetan

Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 9–16.

Indraswari, N. F., & Minggani, F. (2023). Pembimbingan KSN Matematika Siswa SDN Duko Timur 2. 2(1), 65–70.

Jumri, R., & Engga Putra Damara, B. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(2), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Kualitas, K., & Di, M. (2023). SISWA DAN GURU MI DALAM MENING- PULOSARI.

Mayori, M., Ramadianti, W., Jumri, R., & ... (2023). Bimbingan Belajar Matematika Siswa Sd Pada Materi Pecahan Di Kelurahan Penurunan. … Kuliah Kerja Nyata …, 28–32. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/4081%0Ahttp://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/download/4081/3244

Pekarangan, P., Dan, R., Botol, L., Metode, D., Hidroponik, T., Suro, D., Kecamatan, M., Mas, U., & Kepahiang, K. (2022). Setawar abdimas. 1(1), 19–24.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.

Rawa, N.R., Wewe,M., Wangge, M.C.T., Bela, M.E., Bhoke, W., Bara, F.E., Meo,V., Gelo.O., Kosu, M.B.P., Ngina, M.Y (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Mata Pelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2), 192-199

Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Agustina, S. ., Jumri, R. ., Ramadianti, W. ., Asmara, A. ., Risnanosanti, R., Ristontowi, R., & Yudha, R. K. (2023). PENDAMPINGAN PERSIAPAN LCTS TINGKAT KECAMATAN BAGI SISWA SMP NEGERI 25 BENGKULU UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13684–13689. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24412

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.