PEMBINAAN GURU MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24046Keywords:
Pembelajaran Bahasa Inggris, Teknologi.Abstract
Teknologi dan pembelajaran dapat diintegrasikan sehingga dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar di kelas. Saat ini guru harus menggunakan teknologi dalam mengajar agar motivasi dan ketertarikan siswa dalam belajar semakin tinggi. Kemajuan dalam bidang teknologi membawa perubahan pada berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Madrasah Tsanawiyah swasta telah berkontribusi dan memegang peranan yang strategis dalam memajukan pendidikan di kabupaten Lombok Timur karena jumlahnya yang banyak. Fokus pengabdian terhadap permasalahan yang mengarah kepada guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah yang memiliki kekurangan pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran Bahasa Inggris. Metode yang digunakan Partisipatory Action Research (PAR) tujuanya menghasilkan kegiatan yang partisipatif dan kolaboratif antara subjek atau peserta kegiatan dengan fasilitator. Hasil pengabdian menunjukkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris memiliki dampak yang signifikan terhadap bertambahnya pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan motivasi guru dan juga siswa. Merubah mindset guru yang konservatif menjadi modern. Guru dapat mengimplementasikan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas sesuai dengan materi yang didapat pada kegiatan pengabdian. Guru dapat mengintegrasikan teknologi dan materi Bahasa Inggris dalam mengajar.References
A’am Rifaldi Khunaifi (2022). Buku ajar media pembelajaran berbasis teknologi. K-Media.
Abdurrachman Faridi (2009). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Ict Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. FBS UNNES.
Erwinsyah, dan Alfian. Pemahaman Mengenai Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran. Gorontalo. Jurnal Managemen Pendidikan.Vol.3, No.1:12-19
I.P.I Kusuma. (2020). Mengajar Bahasa Inggris Dengan Teknologi. Teori Dasar Dan Ide Pengajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. Deepublish.
I Putu Andre Suhardiana (2019). Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1 April 2019 Issn: 2527-5445.
M. Musfiqon., Nurdyansyah. N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.
Nurdyansyah, Andiek Widodo. (2015) Inovasi Teknologi Pendidikan. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.
Susanti, Aria Indah (2021). Buku Ajar Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori Dan Praktik. Pt. Nasya Expanding Management, Pekalongan.
Sudarsri Lestari. Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Institut Agama Islam Ibrahimy Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Agama. Edureligia. Vol. 2, No. 2, Juli – Desember 2018. ISSN 2549-4821.
Solanki, D., & Shyamlee1, M. P. 2012. Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis. 2012 International Conference on Language, Medias and Culture IPEDR vol. 33 (2012) IACSIT Press, Singapore. 150-156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dzoharat Nabilah Mas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.