OPTIMASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGGUNAAN OPENSID DI MASYARAKAT DESA TATEDE

Authors

  • Tomy Dwi Cahyono Universitas Teknologi Sumbawa
  • Erwin Mardinata Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ryan Suarantalla Universitas Teknologi Sumbawa
  • Jannatun Aliyah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Wilia Ismiyarti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Irawati Irawati Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24004

Keywords:

Sistem Informasi Desa, SIDESA, Open SID, Optimalisasi Pelayanan

Abstract

Sistem Informasi Desa (SID) awalnya bernama SIDESA, adalah aplikasi berbasis Open Source (Open Sid 1811) dirancang untuk mendukung pemerintahan desa dalam pengelolaan dan dokumentasi data desa. Keterhubungan aplikasi ini dengan data demografis yang disimpan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kepala Keluarga (KK), sangat baik dalam meningkatkan efisiensi pelayanan publik. Menyikapi keterbatasan penerapan teknologi di desa dan kelurahan saat ini, banyak lokasi masih mengandalkan prosedur manual yang membebani masyarakat dalam mengakses layanan. Sebagai solusi, metode pengabdian masyarakat seperti Open Sid atau Meraja Sev diadopsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa dan kelurahan. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan dan pemeliharaan SID dan kontribusi mereka dalam pembaruan data dan pengawasan sistem memainkan peran penting dalam penguatan tata kelola publik dan pembuatan keputusan yang inklusif. Di era digital saat ini, internet menjadi prasyarat dalam menyediakan pelayanan publik. Namun, di Desa Tatede, sistem manual masih mendominasi, menyebabkan tantangan terkait akses informasi tentang potensi sumber daya desa dan data asset yang belum dipublikasikan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, kami akan mengedukasi masyarakat tentang Sistem Informasi Desa berbasis web, yang memudahkan aparatur desa dalam pendataan dan penyebaran informasi desa.

References

Ahmad, E., & Shepherd, J. M. (2020). Public Service Delivery and Responsive Governance. Malaysia: Springer Nature Malaysia Sdn Bhd.

Asmana, A., Rohmaningtyas, N., Ningsih, N., Nurariyanti, D., & Doloh, M. (2022). pelatihan penggunaan website anybook sumengko sebagai penunjang pelayanan publik warga desa sumengko. Jurnal Mandala Pengabdian masyarakat, 3(2), 238-243. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.106.

Gil-Garcia, J. R., Pardo, T. A., & Luna-Reyes, L. F. (Eds.). (2018). Policy Analytics, Modelling, and Informatics: Innovative Tools for Solving Complex Social Problems. Cham: Springer International Publishing.

Mardinata, E., Cahyono, T., & Rizqi, R. (2023). Transformasi digital desa melalui sistem informasi desa (sid): meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Parta Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, 4(1), 73-81. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4402.

Silaban, J. (2023). Inovasi pelayanan publik berbasis elektronik: analisis aplikasi whatsapp untuk kebutuhan informasi dan pelayanan online di sebuah desa di kabupaten sumedang pada tahun 2021. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8211-8214. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3107.

Wahyudi, E. and Pratiwi, I. (2018). Pemberdayaan masyarakat desa dalam meningkatkan mutu pelayanan masyarakat melalui aplikasi pelayanan terpadu di desa suka mulia kecamatan sungai melayu rayak kabupaten ketapang kalimantan barat. Jurnal Difusi, 1(2). https://doi.org/10.35313/difusi.v1i2.1303.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Cahyono, T. D. ., Mardinata, E. ., Suarantalla, R., Aliyah, J. ., Ismiyarti, W. ., & Irawati, I. (2024). OPTIMASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGGUNAAN OPENSID DI MASYARAKAT DESA TATEDE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24004

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.