UPAYA PENGEMBANGAN DAN BRANDING DESA WISATA BERBASIS UMKM LOKAL DI DESA SUMBERMUJUR

Authors

  • Aida Kurnia Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Farraniza Artha Ridha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Zaki Zain Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Rafli Ferdiansyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Laodry Fat Dwi Prasetyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sugito Sugito Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Delly Nofiani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5659

Keywords:

Desa Wisata; UMKM lokal; Branding; Pengabdian.

Abstract

Desa wisata dapat menjadi destinasi wisata yang ideal karena keunikan dan potensi UMKM lokalnya. Ada banyak destinasi wisata unik di dunia. Namun, banyak dari mereka hanya menampilkan budaya dan tradisi lokal. Desa Sumbermujur merupakan suatu desa dari Kecamatan Candipuro yang memiliki karakteristik yang memiliki daya tarik sehingga dijadikan sebagai desa wisata. Selain itu, UMKM lokal di Desa Sumbermujur ini ideal untuk dijadikan desa wisata karena keunikan produk lokalnya. Potensi UMKM lokal di Desa Sumbermujur menjadikan desa ini ideal untuk dijadikan desa wisata. Oleh karena itu, terciptanya desa wisata berbasis UMKM lokal di Desa Sumbermujur menjadi wadah untuk memasarkan produk lokal tersebut kepada dunia. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan potensi dalam desa wisata Sumbermujur melalui branding yang berbasis UMKM lokal. Metode penerapan yang dilakukan dalam pengabdian ini melalui bentuk kegiatan pengabdian, pelatihan dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian ini adalah brosur wisata, katalog, video YouTube, dan Tiktok sebagai sarana branding obyek wisata hutan bambu serta UMKM yang ada di Desa Sumbermujur, antara lain kopi Lereng Semeru, bengkel bambu, dan batik Bambu Mujur.

References

Perguna, L. A., Irawan, I., Tawakkal, M. I., & Mabruri, D. A. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2),204–214. https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13727;

Ambarwati, D., & Murdiyanto, E. (2021). Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.7;

Agustina, Made Dian Putri. (2021). Optimalisasi Desa Wisata Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Ahmmad, Ali. (2019) Strategi Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Bondowoso. Jember, Repository Universitas Jember;

T, K. J., Wibowo, & Febriani, R. (2017). Perancangan Media Promosi Desa Wisata Tulungrejo, Batu.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-30

Versions

How to Cite

Sari, A. K. ., Ridha, F. A. ., Zain, M. Z. ., Ferdiansyah, M. R. ., Prasetyo, L. F. D. ., Sugito, S., & Nofiani, D. . (2022). UPAYA PENGEMBANGAN DAN BRANDING DESA WISATA BERBASIS UMKM LOKAL DI DESA SUMBERMUJUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1187–1194. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5659 (Original work published June 30, 2022)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.