PELATIHAN STRATEGI BRANDING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA DI PERUMAHAN TUGUREJO

Authors

  • Endang Triwidyati , Universitas Kadiri
  • Nonni YAP Universitas Kadiri
  • Ria Lestari Pangastuti Universitas Kadiri
  • Salis Nurjanah Universitas Kadiri
  • Elsa Febiola Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23997

Keywords:

Strategi Branding, Omset Penjualan Produk, Industri Rumah Tangga

Abstract

Desa Tugurejo adalah salah satu daerah yang berada di Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, daerah ini memiliki banyak industri rumah tangga yang sedang berkembang dibidang kuliner seperti pembuatan kue kering, tahu bakso, siomay, risol, getuk pisang, sempol, asinan buah, salad, cake dan aneka kue basah. Pemasaran produk industri rumah tangga di daerah tersebut rata-rata dilakukan secara langsung di lingkungan sekitar tempat tinggal. Pengetahuan pelaku usaha mengenai pemasaran khususnya tentang strategi branding dalam meningkatkan omset penjualan masih sangat minim. Dengan kondisi tersebut omset penjualan produk industri rumah tangga di Desa Tugurejo masih tergolong rendah sehingga diperlukan solusi dalam meningkatkan omset penjualannya. Solusi untuk meningkatkan omset penjualan produk industri rumah tangga di Desa Tugurejo yaitu dengan memberikan pelatihan strategi branding pada produk industri rumah tangga Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan analisis situasi, sosialisasi, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mengenai pemasaran khususnya tentang strategi branding. Memperluas jangkauan pemasaran produk sehingga omset penjualan industri rumah tangga di Desa Tugurejo mengalami peningkatan.

References

Andi, Y. (2020). Manajemen Tatakelola Bumdes: Mengelola Pemasaran Produk. Jamu (Jurnal Abdi Masyarakat Umus.

Ariyani, D., Riono, S., Sucipto, H. (2022). Pelatihan Branding Equity Untuk Membangun Brand Image Pada Pelaku Umkm Di Desa Ciawi Dalam Meningkatkan Daya Jual. Kreatif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3) 100-106

Damayanti, T., Komariah, K., Nugraha, A. (2022). Pelatihan Optimalisasi Penggunaan Media Sosiak Untuk Membentuk Brand Produk Industri Umkm Bordir Tasikmalaya.Parahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2) 65-76

Irawan, D. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1) 32-36

Kotler, P., Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing, Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nofiana, M., Utami, R. (2019). Pengaruh Strategi Branding Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Siomay Di Desa Karangcegak- Kecamatan Sumbang. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Iv Tahun 2019. Lppm- Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 437-444

Paramita, P., Cahyanto, B., Kololokoye, G., Akbar, J. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Industri Rumah Tangga Kue Kering Di Kota Malang. Jurnal Abdinus: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1) 66-72.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Triwidyati, E. ., YAP, N. ., Pangastuti, R. L. ., Nurjanah, S. ., & Febiola, E. . (2024). PELATIHAN STRATEGI BRANDING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA DI PERUMAHAN TUGUREJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 25–28. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23997

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.