EDUKASI MENANAMKAN RASA NASIONALISME DAN PATRIOTISME TERHADAP CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG AKAN BERANGKAT KE JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23851Keywords:
Pekerja Migran Indonesia, Identitas Nasional, Nasionalisme, Patriotisme.Abstract
Migrasi internasional, terutama di antara calon pekerja migran Indonesia yang menuju ke Jepang, telah menjadi fenomena sosial yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun motivasi ekonomi mendominasi keputusan mereka untuk bekerja di luar negeri, penting untuk mengakui bahwa aspek sosial dan budaya juga berperan penting. Kehilangan akar budaya dan identitas nasional selama tugas di luar negeri adalah masalah yang memerlukan perhatian khusus. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam para calon pekerja migran Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin mereka hadapi melalui wadah PT Multi Generasi Indonesia yang sangat memperhatikan citra Indonesia di mata dunia terhadap peserta yang diberangkatkan dari perusahaan ini. Perusahaan ini menyadari bahwa nilai-nilai nasionalisme dan pemahaman calon tenaga kerja tentang nilai-nilai nasional dapat memengaruhi citra Indonesia di mata dunia. Hasilnya menggaris bawahi kebutuhan perbaikan dalam kurikulum pelatihan tenaga kerja melalui lembaga penyaluran tenaga kerja, penekanan pada program pendampingan di negara tujuan, peran aktif keluarga dan masyarakat, dan peningkatan fokus pada nilai-nilai nasional. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pekerja migran tetap terhubung dengan budaya dan identitas Indonesia saat berada di luar negeri. Kegiatan ini memberikan landasan bagi perubahan dalam persiapan calon pekerja migran dan memperkuat peran mereka sebagai duta budaya Indonesia di mancanegara.References
Harini, S., & Damayanti, C. (2015). KERJASAMA INDONESIA-JEPANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TKI (Studi Kasus Pelatihan Bahasa Dalam Program Magang di Technopark Ganesha Sukowati Sragen). Eksplorasi, 27(2).
Hendrizal, H. (2020). Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 15(1), 1-21.
Irmania, E. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148-160.
Jaelani, R. A. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Rekruitasi dan Kegiatan Pelatihan Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Magang ke Jepang (Doctoral dissertation, Institut Manajemen Koperasi Indonesia).
Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2).
Nurhikmah, B. A. (2019). PERMASALAHAN KEBIJAKAN NASIONAL PENGIRIMAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG BERASPEK HUBUNGAN ANTARNEGARA: KASUS DENGAN MALAYSIA (Doctoral dissertation, Universitas Bakrie).
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018, October). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 1, pp. 44-50).
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945.
Wartoyo, F. X. (2016). Penilaian Pendidikan berkarakter dalam membentuk rasa nasionalisme. Jurnal Edukasi, 2(1), 69-82.
Wijayanti, Urip Tri. 2021. “Analisis faktor penyebab perceraian pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 14, no. 1: 14–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Franciscus Xaverius Wartoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










