PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH SECARA DARING UNTUK PARA GURU SD DI WILAYAH SOLO RAYA

Authors

  • Sri Budiyono Universitas Widya Dharma Klaten
  • Ngumarno Ngumarno Universitas Widya Dharma Klaten
  • Wisnu Nugroho Aji Universitas Widya Dharma Klaten
  • Danang Susena Universitas Widya Dharma Klaten
  • Indiyah Prana A Universitas Widya Dharma Klaten
  • Gunawan Budi Santoso Universitas Widya Dharma Klaten
  • Sukini Sukini Universitas Widya Dharma Klaten
  • Agus Yuliantoro Universitas Widya Dharma Klaten
  • Suhud Eko Yuwono Universitas Widya Dharma Klaten
  • Tariza Aulia Rahma Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23825

Keywords:

Whatsapp, Daring, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan salah unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dan wajib dilakukan oleh seorang dosen. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada bulan April, Mei, dan Juni 2023. Lebih tepatnya telah dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 9, bulan April 2023; Minggu, tanggal bjulan 16 April 2023. Kemudian direncanakan lagi pada hari Minggu berikutnya yaitu tanggal 23 April 2023. Namun, pada hari itu  bertepatan dengan datangnya hari Raya Idul Fitri sehingga pertemuan secara daring ini diliburkan. Pertemuan pelatihan ini dimulai lagi tanggal 7 bulan Mei 2023, 14 Mei 2023, 21 Mei 2023, 28 Mei 2023, 4 Juni 2023, dan 11 Juni 2023. Kegiatan yang berlangsung selama delapan kali dalam tiga bulan tersebut,  dimulai pada jam 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Ibarat dalam waktu yang singkat, tetapi bisa dipampatkan dalam tiga bulan tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa para peserta dapat dan berhak (boleh) berkomunikasi lagi selama dalam taraf pengabdian berlangsung dan bahkan sampai berakhirnya penyusunan laporan. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakanini dilakaukan secara daring. Pelaksanaan pengabdian ini terselenggara berkat kerja sama antara Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama dan Universitas Widya Dharma Klaten. Hasil pengabdian ini membawa dampak terlatihnya para guru tingkat Sekolah Dasar dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan bahasa yang baku.

References

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Djaali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Genesee, Freed and John E. Upshur. (1997). Clssroom-Based Evaluation in Second Language

Education. United Kingdom: Cambridge Universitry Press.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan ProfesiGuru.Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Kusno, Ali. (2017). Perkembangan Fungsi Pragmatik pada Anak Usia 2,5 Tahun (Studi Kasuspada Azza Aqila Jihan Syuasabitha). Kadera Bahasa, Volume 9, Nomor 1.

Mulyaningsih, Indrya. (2002). Terampil Surat-Menyurat (Tips-tips Jitu dalam Surat Menyurat denganCepat dan Tepat). Yogyakarta: Ayyana.

Salis, Erdward (Diterjemahkan oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrosi). (2008). Total Quality Management in Educatio (Manajemen Mutu Terpadu). Jogjakarta: IRCiSoD.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sumarlam. (2007). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Budaya. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Wijayantio, Asri. (2011). Pengembangan Buku Panduan Menulis Surat Dinas Berbasis Kegiatan Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastras, Fakultas Bahasa dan Seni.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Budiyono, S. ., Ngumarno, N., Aji, W. N. ., Susena, D. ., A, I. P. ., Santoso, G. B. ., Sukini, S., Yuliantoro, A. ., Yuwono, S. E. ., & Rahma, T. A. . (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH SECARA DARING UNTUK PARA GURU SD DI WILAYAH SOLO RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 521–527. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23825