PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH SECARA DARING UNTUK PARA GURU SD DI WILAYAH SOLO RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23825Keywords:
Whatsapp, Daring, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Pengabdian masyarakat merupakan salah unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dan wajib dilakukan oleh seorang dosen. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada bulan April, Mei, dan Juni 2023. Lebih tepatnya telah dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 9, bulan April 2023; Minggu, tanggal bjulan 16 April 2023. Kemudian direncanakan lagi pada hari Minggu berikutnya yaitu tanggal 23 April 2023. Namun, pada hari itu bertepatan dengan datangnya hari Raya Idul Fitri sehingga pertemuan secara daring ini diliburkan. Pertemuan pelatihan ini dimulai lagi tanggal 7 bulan Mei 2023, 14 Mei 2023, 21 Mei 2023, 28 Mei 2023, 4 Juni 2023, dan 11 Juni 2023. Kegiatan yang berlangsung selama delapan kali dalam tiga bulan tersebut, dimulai pada jam 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Ibarat dalam waktu yang singkat, tetapi bisa dipampatkan dalam tiga bulan tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa para peserta dapat dan berhak (boleh) berkomunikasi lagi selama dalam taraf pengabdian berlangsung dan bahkan sampai berakhirnya penyusunan laporan. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakanini dilakaukan secara daring. Pelaksanaan pengabdian ini terselenggara berkat kerja sama antara Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama dan Universitas Widya Dharma Klaten. Hasil pengabdian ini membawa dampak terlatihnya para guru tingkat Sekolah Dasar dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan bahasa yang baku.References
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Djaali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Genesee, Freed and John E. Upshur. (1997). Clssroom-Based Evaluation in Second Language
Education. United Kingdom: Cambridge Universitry Press.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan ProfesiGuru.Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Kusno, Ali. (2017). Perkembangan Fungsi Pragmatik pada Anak Usia 2,5 Tahun (Studi Kasuspada Azza Aqila Jihan Syuasabitha). Kadera Bahasa, Volume 9, Nomor 1.
Mulyaningsih, Indrya. (2002). Terampil Surat-Menyurat (Tips-tips Jitu dalam Surat Menyurat denganCepat dan Tepat). Yogyakarta: Ayyana.
Salis, Erdward (Diterjemahkan oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrosi). (2008). Total Quality Management in Educatio (Manajemen Mutu Terpadu). Jogjakarta: IRCiSoD.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sumarlam. (2007). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Budaya. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Wijayantio, Asri. (2011). Pengembangan Buku Panduan Menulis Surat Dinas Berbasis Kegiatan Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastras, Fakultas Bahasa dan Seni.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Budiyono, Ngumarno Ngumarno, Wisnu Nugroho Aji, Danang Susena, Indiyah Prana A, Gunawan Budi Santoso, Sukini Sukini, Agus Yuliantoro, Suhud Eko Yuwono, Tariza Aulia Rahma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.