PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK ABA 16 MALANG

Authors

  • Merinda Lestandy Universitas Muhammadiyah Malang
  • Adhi Nugraha Universitas Muhammadiyah Malang
  • Anggia Shifrila Hamidah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alfina Fatma Damayanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Nur Rachmawati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fikri Hakim Soultoni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Raaina Arleandy Putri Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.23728

Keywords:

Kreativitas, Alat Permainan Edukatif, Anak Usia Dini

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa yang paling potensial, dimana anak bergairah untuk belajar dan banyak belajar dari pengalaman berbagai aktivitas yang menyebabkan perubahan pada dirinya. Anak cenderung banyak belajar melalui interaksi dengan benda atau orang lain dari pada belajar dari simbol, maka dari itu guru dituntut untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran pada anak usia dini. Kurangnya alat permainan yang disediakan oleh TK ABA 16 Malang sering memberikan alat permainan produk jadi. Selain itu, para guru belum berani mencoba membuat/menciptakan bentuk atau media lain dari contoh yang sudah ada. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas guru di TK ABA 16 Malang belum meningkat. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdi merasa sangat perlu membuat adanya perbaikan dalam meningkatkan kreativias guru dan anak khususnya di TK ABA 16 Malang. Tim pengabdi memilih salah satu kegiatan pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kreativitas anak dan kompetensi guru yaitu melalui pelatihan dan pendampingan pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE). Program Pengabdian yang telah terencana dapat berjalan dengan baik meskipun ada kendala yang tidak sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Program Pengabdian dapat memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagi murid TK ABA 16 Malang, serta dapat meningkatkan kreativitas mereka melalui rangkaian kegiatan kreativitas di program kami. Guru TK ABA 16 Malang juga sangat suportif terhadap kegiatan yang kami laksanakan.

References

Agus Budiyono, Linda Tri Antika, Arin Wildani, S. H. (2019). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sains Bagi Guru Paud. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(1), 34–37.

Desyanty, E. S., Wahyuni, S., Astuti, W., & Rahma, R. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Rumah Tangga Bagi Pendidik PAUD Terintegrasi Posyandu. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 32. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p32-39

Durtam, & Jazariyah. (2019). Pendampingan Pembuatan Alat PermainanEdukatif(APE)Pengenalan LiterasiUntuk Anak Usia Dini. Dimasejati, 1(2), 137–148.

Dwi Rosita Dewi Khozainil Ulumiyah, Siti Nur Khoiriyah, Shofiyatul Mashfah, L. A. (2017). PROGRAM PEMBERDAYAAN SISWA TK DAN PAUD DI DESA DERMO MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) GUNA MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA. 02, 49–56.

Ode Yahyu Herliani Yusuf, Devi Andrianti, Ayu Selfia, Rustia, Nirwati, H. (2022). Membuat Mainan Edukasi Menggunakan Bahan Alam dan Limbah Sampah. 6(2), 3702–3706.

Rangkuti, D., Eka, D., & Rkt, D. E. S. (2019). PKM Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK/PAUD. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2019, 674–678.

Wahyudi, D., Nuryah, N., & ... (2022). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah dan Kardus Bagi Anak di Desa Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo …. Wisanggeni …, 2(2), 65–73.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Lestandy, M., Nugraha, A. ., Hamidah, A. S. ., Damayanti, A. F. ., Rachmawati, D. N. ., Soultoni, F. H. ., & Putri, R. A. . (2024). PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK ABA 16 MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3186–3190. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.23728