PENDAMPINGAN PENULISAN DAILY JOURNAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA PLATINUM EDUCATION MOJOKERTO

Authors

  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tiyas Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mujad Didien Afandi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Irene Rosalina STAI Nurul Islam Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23702

Keywords:

Daily Journal, Self-Efficacy, Siswa

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy siswa melalui pembiasaan penuliasan daily journal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa di Lembaga kursus Platinum Education Mojokerto terlihat antusias dalam menulis daily journal tersebut. Dimana tahapan pelaksaan yang dilakukan pada kegiatan ini meliputi tahap survey awal, tahap analisis kebutuhan pelatihan, tahap penyusunan desain dan pengembangan modul pelatihan, tahap pelaksanaan dan pengendalian pelatihan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkontribusi pada model penulisan daily journal dalam meningkatkan self-efficacy pada siswa kelompok usia sekolah dasar dengan penggunaan media yang baru dan menarik minat siswa dalam mengungkapkan gagasan mereka. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pendampingan ini menunjukan adanya peningkatan rasa kepercayaan diri siswa (self-efficacy) setelah menerapkan media daily journal di kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

References

Rusmansyah, A. H., & Isnawati, M. N. A. (2021). Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dengan Model Scientific Critical Thinking (Sct) Pada Materi Laju Reaksi. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 1).

Hanafiah, I. (2012). Studi Tentang Peran Buku Penghubung Terhadap Anak Tunagrahita Sedang Di Slb Total System (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Amelia, Z., & Nurfadilah, N. (2021). Implementasi Penggunaan Jurnal Harian Di Lembaga Paud. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-15.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Aquariza, N. R. ., Saputri , T. ., Afandi, M. D. ., & Rosalina, I. . (2023). PENDAMPINGAN PENULISAN DAILY JOURNAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA PLATINUM EDUCATION MOJOKERTO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13356–13358. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23702

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.