PENDAMPINGAN PENULISAN DAILY JOURNAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA PLATINUM EDUCATION MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23702Keywords:
Daily Journal, Self-Efficacy, SiswaAbstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy siswa melalui pembiasaan penuliasan daily journal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa di Lembaga kursus Platinum Education Mojokerto terlihat antusias dalam menulis daily journal tersebut. Dimana tahapan pelaksaan yang dilakukan pada kegiatan ini meliputi tahap survey awal, tahap analisis kebutuhan pelatihan, tahap penyusunan desain dan pengembangan modul pelatihan, tahap pelaksanaan dan pengendalian pelatihan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkontribusi pada model penulisan daily journal dalam meningkatkan self-efficacy pada siswa kelompok usia sekolah dasar dengan penggunaan media yang baru dan menarik minat siswa dalam mengungkapkan gagasan mereka. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pendampingan ini menunjukan adanya peningkatan rasa kepercayaan diri siswa (self-efficacy) setelah menerapkan media daily journal di kegiatan pembelajaran yang berlangsung.References
Rusmansyah, A. H., & Isnawati, M. N. A. (2021). Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dengan Model Scientific Critical Thinking (Sct) Pada Materi Laju Reaksi. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 1).
Hanafiah, I. (2012). Studi Tentang Peran Buku Penghubung Terhadap Anak Tunagrahita Sedang Di Slb Total System (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Amelia, Z., & Nurfadilah, N. (2021). Implementasi Penggunaan Jurnal Harian Di Lembaga Paud. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novi Rahmania Aquariza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.