SOSIALISASI STOP BULLYING DI SDN 1 KATILOMBU

Authors

  • Fitriani .B Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hijrawatil Aswat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Al Haq Universitas Muhammadiyah Buton
  • Waode Fuji Lestari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Eka Ramdani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurmin Aminu Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suarti Suarti Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Sosialisasi, Bullying, Katilombu

Abstract

Bullying di sekolah dasar merupakan isu yang serius yang harus ditangani dengan cepat dan efektif. Kasus senacam ini membawa banyak kekhawatiran tidak hanya pada pihak sekolah tetapi juga pada orang tua, oleh karena itu perlunya dilakukan sosialisasi khususnya di sekolah dasar agar seluruh pihak harus lebih memahami segala hal tentang bullying, sehingga akan meminimalisir bahkan menghilangkan perilaku bullying. Metode yang dilakukan yaitu metode ceramah, pemateri menjelaskan tentang bahaya bullying selain itu metode yang digunakan metode tanya jawab tentang keseharian siswa-siswi di sekolah. Hasil dari kegiatan ini, siswa memahami dan mengetahui bahaya bullying dan pencegahannya.

References

Aswat, H. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117.

Fitri Saiful Rahman, A., Sriwahyuni, W., Rahman Hakim, A., Azhar, F., Octavia Cahyani, M., Prayogi Elyunandri, H., Prayitno, T., Latif, A., Balikpapan, U., Pupuk Raya, J., & Selatan, B. (2020). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara.

Harlina, S. (2021, November 1). Siswa SD di Sultra di bully Gegara Tak Jawab soal, Guru di Harap Minta Maaf. DetikNews.

Paramitha Darmayanti, D., Sopia Rukmana, N., Manda, D., Nur Pratiwi Johansyah, O., Nur Aina, A., Sukawati, H., Antropologi, P., & Pettarani, J. A. (2022). Sosialisasi Stop Bullying di Sekolah Dasar Negeri 1 Pajjaiang History Artikel. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(2). https://ojs.unm.ac.id/Humanis

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

.B, F., Aswat, H. ., Al Haq, M., Lestari, W. F. ., Ramdani, E. ., Aminu, N. ., Manan, M., & Suarti, S. (2023). SOSIALISASI STOP BULLYING DI SDN 1 KATILOMBU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13315–13317. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/23688