EDUKASI KEUANGAN UNTUK PELAJAR: MEMPERKENALKAN KONSEP PENGELOLAAN UANG DAN INVESTASI SEJAK DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26362Keywords:
Edukasi Keuangan, Pelajar, Pengelolaan Uang.Abstract
Edukasi keuangan diperlukan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola uang dan investasi sejak dini. Artikel ini mengulas pentingnya edukasi keuangan bagi pelajar dengan fokus pada pengelolaan uang dan investasi. Melalui tinjauan literatur, kami mengidentifikasi bahwa kurangnya pemahaman tentang keuangan dapat menyebabkan perilaku keuangan yang tidak sehat di masa depan. Edukasi keuangan sejak dini memiliki dampak jangka panjang yang signifikan, membantu pelajar memahami pentingnya tabungan, pengelolaan utang, dan investasi. Dengan memperkenalkan konsep-konsep ini pada tahap awal pendidikan, pelajar dapat mengembangkan kebiasaan yang bijak dalam mengelola keuangan mereka. Selain itu, pengetahuan tentang investasi dapat membantu mereka memahami risiko dan imbal hasil, mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih stabil secara finansial. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa pendekatan edukasi keuangan yang komprehensif dan terstruktur diperlukan dalam lingkungan sekolah. Dengan demikian, artikel ini mendorong integrasi edukasi keuangan dalam kurikulum pendidikan untuk memastikan bahwa pelajar memiliki landasan yang kokoh dalam mengelola keuangan mereka di masa depan.References
Ammer, M. A., & Aldhyani, T. H. H. (2022). An Investigation into the Determinants of Investment Awareness: Evidence from the Young Saudi Generation. Sustainability, 14(20), 13454.
Aristei, D., & Gallo, M. (2021). Financial Knowledge, Confidence, and Sustainable Financial Behavior. Sustainability, 13(19), 10926.
Chen, F., Lu, J., Li, J., Wang, W., & Bissielou, H. (2020). Sustainable Financial Education and Consumer Life Satisfaction. Sustainability, 12(3), 1150.
Curtis, H. L., Gabriel, L. C., Sahakian, M., & Cattacin, S. (2021). Practice-Based Program Evaluation in Higher Education for Sustainability: A Student Participatory Approach. Sustainability, 13(19), 10816.
Hamwy, N., Bruder, J., Sellami, A., & Romanowski, M. H. (2023). Challenges to Teachers Implementing Sustainable Development Goals Frameworks in Qatar. Sustainability, 15(15), 11479.
Lathief, J. T. A., Kumaravel, S. C., Velnadar, R., Vijayan, R. V., & Parayitam, S. (2024). Quantifying Risk in Investment Decision-Making. Journal of Risk and Financial Management, 17(2), 82.
Medina-Vidal, A., Buenestado-Fernández, M., & Molina-Espinosa, J. M. (2023). Financial Literacy as a Key to Entrepreneurship Education: A Multi-Case Study Exploring Diversity and Inclusion. Social Sciences, 12(11), 626.
Swiecka, B., Ye?ilda?, E., Özen, E., & Grima, S. (2020). Financial Literacy: The Case of Poland. Sustainability, 12(2), 700.
Turwelis, Komariah, A., Rykova, I., Shestakov, D., Hasan, M., Kurniady, D. A., Grebennikova, V., Shcherbatykh, L., Kosov, M., & Dudnik, O. (2022). Assessing the Quality and Efficiency of Education in Rural Schools through the Models of Integration and the Cooperation of Educational Institutions: A Case Study of Russia and Indonesia. Sustainability, 14(14), 8442.
Yucel, O., Celik, G., & Yilmaz, Z. (2023). Sustainable Investment Attitudes Based on Sustainable Finance Literacy and Perceived Environmental Impact. Sustainability, 15(22), 16026.
Zéman, Z., Kálmán, B. G., Bárczi, J., & Pataki, L. (2023). The Evolution of University Students’ Financial Attitudes and Their Role in the Sustainability of Personal Finances. Sustainability, 15(8), 6385.
Zhang, Y., & Chatterjee, S. (2023). Financial Well-Being in the United States: The Roles of Financial Literacy and Financial Stress. Sustainability, 15(5), 4505.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Upik Djaniar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.