PENDAMPINGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN SKILL GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR DI MTS NEGERI 4 OKU TIMUR SUMATERA SELATAN

Authors

  • Rz. Ricky Satria Wiranata STAI Terpadu Yogyakarta
  • Diningrum Citraningsih STAI Terpadu Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23586

Keywords:

Pendampingan, Teknologi Pembelajaran, Media Ajar, Aplikasi Canva

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini memiliki tiga tujuan utama yaitu 1) untuk mengetahui urgensi pendampingan teknologi pembelajaran berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan skill Guru dalam mengembangkan media ajar. 2) Untuk mengetahui proses pendampingan teknologi pembelajaran berbasis aplikasi Canva di MTs Negeri 4 OKU Timur. 3) Untuk mengetahui hasil pendampingan teknologi pembelajaran berbasis aplikasi Canva di MTs Negeri 4 OKU Timur. Metode PKM menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), di mana komunitas secara aktif terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendampingan. Ada 5 tahap metode PAR yaitu menyiapan Sosial, Community Riset Social Problem Diagnosti, Planning, Political Action, Reflection. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil FGD yang di laksanakan, MTS Negeri 4 OKU Timur sangat membutuhkan pendampingan peningkatan kualitas Guru pada aspek pengembangan media ajar berbasis teknologi aplikasi Canva. 2) Pelaksanaan PKM di awali dari penetapan tujuan pendampingan, penyampaian materi, praktik dan refleksi. 3) PKM yang di laksanakan terbukti dapat meningkatkan keterampilan Guru secara signifikan antara sebelum pendampingan yaitu sebesar 24% dan meningkat secara signifikan menjadi 63% setelah diberikan pendampingan. Hasil survey kepuasan peserta menunjukan tingkat kepuasan sangat baik dengan nilai rerata kumulatif 4,87 dari skala 1-5.

References

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), Article 4.

Alwina, S., Siregar, Z., Azhar, P. C., Sugma, A. R., & Novianty, Y. (2023). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Bagi Guru-Guru Di Lingkungan Sd It Hamas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 96–102.

Andriansyah, T., Junaidi, I. A., & Manulang, J. G. (2023). Dampak Virus Covid-19 pada Pelaksanaan Pendidikan Jasmani di SMA N 2 Semendawai Barat Tahun Ajaran 2021/2022. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1165

canva.com. (t.t.). Apa Saja Kelebihan Canva Pro? Yuk Baca di Sini. Belajar. Diambil 8 April 2023, dari https://www.canva.com/id_id/belajar/kelebihan-canva-pro-untuk-anda/

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Dailami, M. A. (2023, April 9). Wawancara dengan Guru MTs Negeri 4 OKU Timur. [Komunikasi pribadi].

Farida, E. (2019). Media Pembelajaran Teknologi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa pada Abad-21. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 8(1), 2. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Khotimah, T. H., Rokaibah, N. S., Zahrotunnisa, S., Firdaus, M. W., Wiqi, R., & Rochman, C. (2020). Persepsi Guru Terhadap Tantangan Dan Peluang Pendidikan: Teacher’s Perception Of Education Challenges And Opportunities. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2a), Article 2a. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.690

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Rahayu, S., Rossari, D. V., Wangsanata, S. A., Saputri, N. E., & Saputri, N. D. (2021). Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), Article 3.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%p.6859

Sabariah, M., Wisudiawan, G. A. A., Selviandro, N., Riyadi, Z. H. I., Nawir, A. M., Hajar, T. N., Yaafi, R. S., & Khairunissa, M. (2023). Pelatihan Penggunaan Tools Canva Pembuatan Media Ajar Kreatif Untuk Guru Sdn Cirangrang 2023. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5995

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i2.3115

Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Penguasaan It Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi. FORUM PAEDAGOGIK, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Zaidan, Z. (2023, Maret 24). Wawancara [Komunikasi pribadi].

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Wiranata, R. R. S. ., & Citraningsih, D. (2024). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN SKILL GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR DI MTS NEGERI 4 OKU TIMUR SUMATERA SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 998–1006. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23586

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.