PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DISAIN INSTRUKTIONAL KELAS PERCAKAPAN DALAM BAHASA INGGRIS BAGI PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI BIMBEL LENTERA INKLUSIF, CENGKARENG JAKARTA BARAT

Authors

  • Bagus Suhendar Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
  • Syakir Syakir Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
  • Wahyuari Wahyuari Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23532

Keywords:

Disain Instruksional Inklusif, Percakapan Bahasa Inggris, Disabilitas Netra

Abstract

Lahirnya Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan didirikannya Komisi Nasional Disabilitas pada tahun 2021 telah mendorong semakin terbukanya kesempatan untuk memperoleh kehidupan dan penghidupan yang layak secara inklusif tanpa diskriminatif bagi para divable. Salah satu indikator yang terlihat dengan mudah dan jelas adalah banyaknya sekolah / perguruan tinggi yang menerima peserta didik dari penyandang disabilitas, khususnya disabbilitas netra. Hal yang sama juga terjadi di dunia kerja, dengan semakin banyaknya instansi perkantoran pemerintah dan perusahaan swasta yang memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi pegawai di tempat mereka. Salah satu keterampilan dasar yang dipersyaratkan bagi penyandang disabilitas Netra untuk dapat memperoleh peluang tersebut diantaranya adalah terampil dalam menggunakan Bahasa Inggris dan menggunakan Komputer.Bimbel Lentera Inklusif merupakan satu dari sedikit Yayasan yang memberikan layanan pelatihan Komputer dan Bahasa Asing, termasuk Bahasa Inggris bagi penyandang disabilitas. Bimbel ini didirikan pada tahun 2022 oleh pemuda penyandang disabilitas Netra. saat ini peminat program kelas percakapan Bahasa Inggris dari kalangan penyandang disabilitas netra di Bimbel semakin meningkat dan berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Namun sayangnya, karena keterbatasan sumber daya, program Bahasa Inggris yang ditawarkan dirasa kurang efektif untuk tujuan pembelajaran percakapan (English Conversation). Program kursus Bahasa Inggris yang ada di Bimbel masih menggunakan pendekatan sturktural. Melalui kegiatan pendampingan ini, Tim PKM Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti bermaksud untuk membantu Bimbel Lentera Inklusif dalam Menyusun Disain Instruksional “Program English Conversation Class” yang ramah bagi guru dan siswa penyandang disabilitas netra. kegiatan Pendampingan ini didanai oleh Program Dana Hibah PKM Kemendikbudristek RI tahun 2023. Sebagai Luaran utama dari kegiatan ini adalah tersusunnya purwa rupa Disain Instruksional Inklusif Program Percakapan Bahasa Inggris yang ramah bagi buru dan siswa penyandang disabilitas netra

References

Abdul Gafur. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. 2012

Batubara, F. A. Desain Instruksional (Kajian Terhadap Komponen Utama Strategi Instruksional Dan Penyusunannya). Jurnal Ilmiah Al -Hadi, 3(2), 657–667. 2018.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174. 2014.

Cahyadi, R. A. H. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. 2019. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dick and Carey. The Systematic Dessign of Instuction, New York : Harper. 1996.Republik Indonesia. Undang-undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. 2016

Gafur, A. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Ombak. 2012.

Gagne, R. M. Principles of Instructional Design. In Fourth Edition (p. 392). Harcourt Brace College Publishers. 1992. https://doi.org/10.1525/9780520341302-010Superadmin. Communicative Language Teaching (CLT): Metode Belajar Bahasa Dengan Basis Komunikasi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2023.

Isman, A. Instructional Design in Education: New Model. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136–142. 2011. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ926562.pdf

Nuraini, N., & Waluyo, E. Pengembangan Desain Instruksional Model Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 101–111. 2021. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.20145

RAH Cahyadi. Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Sidoarjo: Halaqa Islamic Education Journal, 2019 - halaqa.umsida.ac.id

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Suhendar, B. ., Syakir, S., & Wahyuari, W. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DISAIN INSTRUKTIONAL KELAS PERCAKAPAN DALAM BAHASA INGGRIS BAGI PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI BIMBEL LENTERA INKLUSIF, CENGKARENG JAKARTA BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13031–13036. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23532

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.