CO-CREATIVE WRITING MENGGUNAKAN TEKNIK TRANSFORMASI TEKS CERITA RAKYAT LAMAHOLOT MENJADI NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS X FARMASI SMK KATOLIK HENRICUS LEVEN, FLORES TIMUR

Authors

  • Imelda Oliva Wissang Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Rikardus Pande Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Sesilia Sika Koten Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Netty Silalahi SMK Katolik Henricus Leven

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23516

Keywords:

Co-Creative Writing, Transformasi, Cerita Rakyat, Naskah Drama.

Abstract

Pendampingan co-creative writing menggunakan teknik transformasi teks cerita rakyat Lamaholot menjadi naskah drama pada siswa kelas X Farmasi SMK Katolik Henricus Leven bertujuan untuk mendeskripsikan ketrampilan siswa dalam menulis kreatif dengan menggunakan teknik transformasi dengan memperhatikan unsur penting dalam cerita dan drama. Pendampingan menggunakan metode Service Learning. Metode Service Learning menekankan pelayanan atau pendampingan langsung kepada para siswa kelas X Farmasi SMK Katolik Henricus Leven, Waibalun Flores Timur. Penggunaan metode service learning relevan dengan Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) dalam bidang pendidikan. Hasil yang diperoleh dapat diketahui dari naskah drama hasil karya peserta yang sangat memuaskan karena mengikuti petunjuk, bimbingan yang diberikan. Pendampingan ini berdampak positif pada minat, kreativitas, kritis, kepedulian siswa yang ditunjukkan melalui indikator keberhasilan, kesesuaian, dan ketepatan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

References

Budiarti, Rizqi Putri Nourma., Emy Yunita Rahma Pratiwi., D. S. (2022). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah berbasis Service Learning untuk Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3(2), 359–366.https://doi.org/10.47679/ib.2022230.

Dalman, H. (2021). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatin, I., & Mubarok, I. W. (2022). Pendampingan Literasi Menulis Cerpen Santri di Masa Pandemi Covid-19. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 71–81., 31(1), 71–81.

Hartono; Suroso; Dwi Budiyanto. (2021). Peningkatan Kompetensi Menulis Cerita Pendek Melalui Teknik Transformasi Teks Puisi Dan Co-Creative Writing. Jurnal LITERA, Volume 20, Nomor 1, Maret 2021. Hal 76-89, 20(1), 76–89.

Haryani. (2018). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Pemanfaatan Media Video Lukisan Pasir Melalui Teknik Transformasi. Jurnal Stilistika. 1(1).

Hidayat, Rofmat., Anggi Indah Yuliana., R. M. (2022). Pendampingan Pemahaman Materi Greeting dengan Media Viddeo Scribe di MTs Tauhidayah Bojonegoro. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6–10.

Khofifah, Nur; Dheni Harmaen; Desti Fatin Fauziyyah. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Dengan Model Transformatif Pada Siswa Kelas VII SMP Indonesia Raya Bandung. Jurnal Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2).

Muda, Mohd Saberi; Mas Rynna Wati Ahmad. (2017). Puisi Ke Teater: Transformasi Karya Marzuki Ali. Jurnal Melayu. Bil. 16(1) 2017.

Ratnasari, Lili; Syahrul Ramadhan. (2020). Model Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Media Teks Cerpen Siswa Kelas VIII. Ratnasari, Lili; Syahrul Ramadhan. 2020. Model Pembelajaran Menulis Teks BASINDO?: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 4(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo.

Rita, Arianti. (2020). Pelatihan Menulis Kreatif Puisi Pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania P-ISSN 2721-7221 Vol. 1 Nomor 1, April 2020 e-ISSN. Hal?: 1 – 5., 1(1), 1–5.

Retnaningtyas, P. (2021). Tingkatkan Menulis Cerita Fabel dengan Media Gambar Radarsemarang.id (Jawapos.Com). https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-

guruku/2021/09/23/tingkatkan-menulis-cerita-fabel-dengan-media-gambar/23 September 20221.

Sertiatin, Titin. R. (2016). Transformasi Teks Cerita Rakyat Ke Dalam Bentuk Cerita Bergambar Sebagai Model Pembelajaran Membaca Apresiatif. LITERA, Volume 15, Nomor 2, 15(2).

Sevi, Wahyuni., Putu Aditya Antara., M. M. (2020). Stimulasi Metode Service Learning Dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 91–100.

Wissang, Imelda Oliva., Maria Lito Teluma., M. R. B. W. (2023). Menulis Puisi Menggunakan Metode Langsung. Journal on Education, 5 (2), 3277–3289.

Wissang, I.O; Pande, Rikardus; Deta, Bernadete. (2023). Pendampingan Menulis Cerita Fabel Berbasiskan Kearifan Budaya Lamaholot Siswa SMPS Ratu Damai, Flores Timur. Journal of Community Research and Engagement Volume 4 Number 2 (2023) May – October 2023 Page: 389-401 E-ISSN: 2716-0750 P-ISSN: 2715-7997 DOI: 10.37680/amalee.v4i2.2771 Indonesian

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Wissang, I. O. ., Pande, R. ., Koten, S. S. ., & Silalahi, N. . (2023). CO-CREATIVE WRITING MENGGUNAKAN TEKNIK TRANSFORMASI TEKS CERITA RAKYAT LAMAHOLOT MENJADI NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS X FARMASI SMK KATOLIK HENRICUS LEVEN, FLORES TIMUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13003–13012. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23516

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.