PENGUATAN PEMAHAMAN KOMUNIKASI PADA PERSONAL SELLING UMKM EMPING MELINJO DESA WISATA CIKOLELET

Authors

  • Sumiyati Sumiyati Universitas Sahid Jakarta
  • Meri Safarwati Putri Universitas Sahid Jakarta
  • Rini Ratnaningsih Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Selfiana Selfiana Universitas Mitra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23413

Keywords:

Komunikasi, Personal Selling, Kualitas Layanan

Abstract

Penjualan personal (personal selling) merupakan penjualan yang dilakukan secara tatap muka antara pelaku UMKM dengan calon konsumen atau pelanggan sehingga keterampilan komunikasi sangat penting agar dapat mempengaruhi minat beli hingga meningkatkan penjualan produk yang dijualnya. Tujuan pengadian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi pemahaman penguatan komunikasi dan pelayanan yang berkualitas pada teknik personal selling sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk UMKM Emping Melinjo Desa Wisata Cikolelet. Edukasi dan pemahaman ini sangat penting karena pemasaran dan penjualan masih dilakukan secara personal oleh UMKM yang ada di Cikolelet pada umumnya dan UMKM Emping Melinjo khususnya sehingga dengan edukasi ini diharapkan dapat langsung diimplementasikan. Hal ini juga karena masih terbatasnya sarana  Hand Phone (HP) yang dimiliki pelaku UMKM dan masih rendahnya terhadap pengetahuan teknologi digital sehingga edukasi dan pemahaman terhadap media digital untuk menuju pemasaran dan penjualan melalui digital atau online membutuhkan yang tidak cepat. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara membagikan materi berupa PPT, memberikan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pengabdian ini mendapatkan respon yang sangat positif baik dari pihak mitra maupun para peserta dan  pelaku UMKM Emping melinjo jadi memahami serta menyadari akan pentingnya  komunikasi dan memberikan pelayanan yang berkualitas dalam menghadapi calon konsumen dan pelanggan.

References

Aminuddin, Aziz Fathul. 2012. Manajemen Dalam Persektif Islam. Cilacap: Pustaka El Bayan.

Bayu, Dwinanda Januariska, and Purnaningsih Ninuk. 2018. “Efektivitas Komunikasi Pemasaran Personal Selling Pada Agrowisata Kampung 99 Pepohonan.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 16(2):205.

Ernawan, Yayan, Agus Sudono, and Oman Sukirman. 2018. “Evaluasi Penerapan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Menu Unpopular Dan Profitable Di Restoran Kampung Daun.” The Journal Gastronomy Tourism 5(2):104–22. doi: 10.17509/gastur.v5i2.22228.

Fitri, Lisa. 2020. “Pengaruh Personal Selling Dan Kualitas Program Studi Manajemen Pemasaran Program Pascasarjana Universitas Pakuan.”

Leonardi, Aska. 2022. “Penguatan Personal Selling Bagi Pemilik Dan Pegawai Warung Tegal Kharisma Di Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan.” BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):55–64. doi: 10.36407/berdaya.v4i2.654.

Muharam, Said, Puji Isyanto, and Neni Sumarni. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM Mie Cihuy Karawang.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5(2):708–20. doi: 10.47467/elmal.v5i2.4986.

Nopiani, Epa, and Yanuar Ilham. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Bongsang Dalam Menghadapi Perubahan Ekonomi.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP) 6(1):2598–9944. doi: 10.36312/ jisip.v6i1.2863/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Tini Maskuri, Etc. 2019. “Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian.” E-Proceeding of Applied Science 5(2):2019.

Yanto, Rachmat Tri Yuli, and Adesotya Linta Prili Prabowo. 2020. “Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian.” Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 10, no 1(2087–3077):2–12.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sumiyati, S., Putri, M. S. ., Ratnaningsih, R. ., & Selfiana, S. (2023). PENGUATAN PEMAHAMAN KOMUNIKASI PADA PERSONAL SELLING UMKM EMPING MELINJO DESA WISATA CIKOLELET. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13625–13631. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23413

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.