HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN PROFESSIONALISME GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEDAN

Authors

  • Afifah Thaiyiabah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Saima Sonang Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardiana Mardiana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23215

Keywords:

Kepuasan Kerja, Lembaga Pendidikan, Profesionalisme

Abstract

Hanya sedikit penelitian yang meneliti hubungan antara kepuasan kerja dan profesionalisme guru, meskipun banyak penelitian yang meneliti hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru dan kepuasan kerja berhubungan satu sama lain di lembaga pendidikan Islam di Medan. Penelitian ini menggunakan metode korelasi secara kuantitatif. Uji SPSS 23 digunakan untuk menguji data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan analisis artefak dari 15 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan uji koefisien korelasi, terdapat nilai signifikansi sebesar 0,479 dalam hubungan antara profesionalisme guru dan kebahagiaan kerja. Dengan demikian, 0,479 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan atau asosiasi antara profesionalisme guru dan kebahagiaan kerja. Temuan ini menyarankan untuk mendalami lebih jauh dalam pengembangan penelitian ilmiah, sebagai persiapan untuk kemajuan di bidang Pendidikan.

References

Arief Hidayatullah, Farizal MS, S. (2023). Education , Language , and Culture ( EDULEC ) Strategi Peningkatan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan. 2, 127–144.

Aspi, M. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Ayudia, C. (2014). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkanpartisipasi orang tua di sdn kecamatan pariaman utara kota pariaman. 2, 100–107.

Azmi, F., Handoko, H., Ningsih, A. D., Hanum, R., Tarmizi, A., & Hamdan, H. (2023). Manajemen Transdisipliner Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Kota Binjai. Journal on Education, 5(3), 8412–8440. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1627

Berhanu, K. Z. (2023). Mediating role of job satisfaction on the relation between staff development and performance Mediating role of job satisfaction on the relation between staff development and performance. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2207408

Chun, Y. H., Choi, S., & Song, M. (2019). Analyzing the Link Between Job Satisfaction and Performance in Educational Institutions. International Journal of Public Administration, 42(9), 707–722. https://doi.org/10.1080/01900692.2018.1498101

Jumlah Guru yang Tersertifikasi Belum Sampai 50 %, (2019).

hidayat fahrul, D. (2023). No ????????????????????? ?????????????????Title. 1(1), 31–41.

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Kadir, S., & Rudji, H. (2023). Peran Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam …. Journal of Educational Management …, 02(01), 17–31. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JEMIL/article/view/3279%0Ahttps://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JEMIL/article/download/3279/2607

Kemensekneg. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 ,2017 Tentang Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017, Volume 09(Nomor 03), Hal 270.

Larasati, V. M., Susilarin, T., Psikologi, F., & I, U. P. I. Y. A. (n.d.). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT . X bagian finance Manager PT Dan Enam. 4(1), 1–9.

Meda, J., FoEh, J., & Niha, S. S. (2022). … Iklim Organisasi dan Pengembangan Karir terhadap Loyalitas Karyawan yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia …. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 392–407. https://greenpub.org/JIM/article/view/50

Melesse, T., & Belay, S. (2022). Uplifting teachers’ professional capital through promoting engagement in professional learning: Mediating effect of teacher job satisfaction. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2057102

Pramudya, A., Tanjung, A., Hasibuan, E., Salamah, I., Azzahrah, N., Khotima, N., & Harahap, T. S. (2022). Implementasi Profesionalisme Tenaga Pendidik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 190–200.

Sari, D. P., Amini, & Sulasmi, E. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di SMK Kesehatan Wirahusada Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3136–3145.

Setiani, Y. A., Manajemen, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Ray, R., Manajemen, F. P., & Anshori, M. I. (2023). Kepemimpinan Dan Gaya Manajemen?: Studi Literature. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 238–255. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.804

Stai, M., Ulum, D., & Penelitian, A. (2022). Manajemen Kompetensi Pedagogik. 8, 140–150.

Suryadi, E., & Yusup, Y. (2023). Analisis tunjangan profesi dan profesionalisme guru dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Insight Management Journal, 3(2), 139–152. https://doi.org/10.47065/imj.v3i2.238

Sutrisno, H. (2022). The Impact Of Compensation, Motivation And Job Satisfaction On Employee Performance In The Company: A Review Literature Universitas PGRI Semarang 1 , Universitas Cipasung Tasikmalaya 2 , Politeknik LP3I Makassar 3 STIA Bandung 4 , Universitas Pertiwi 5 su. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 2022. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Swai, C. Z., Nkaizirwa, J. P., Hugo, A. K., Mahenge, A., Komba, P. S., Zakaria, C., Nkaizirwa, J. P., & Hugo, A. K. (2022). Strengthening Teacher Education in Tanzania?: Student-Teachers ’ and Tutors ’ Satisfaction with College Facilities and Environment Strengthening Teacher Education in Tanzania?: Student-Teachers ’ and Tutors ’ Satisfaction with College Facilities and Envir. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2070053

Taher, A., & Taher, A. (2023). Stakeholders ’ opinions support the people- process-technology framework for implementing digital transformation in higher education education. Technology, Pedagogy and Education, 00(00), 1–13. https://doi.org/10.1080/1475939X.2023.2248134

Toropova, A., Myrberg, E., Johansson, S., & Myrberg, E. (2021). Teacher job satisfaction?: the importance of school working conditions and teacher characteristics conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Thaiyiabah, A. ., Pohan, S. S. ., & Mardiana, M. (2023). HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN PROFESSIONALISME GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12963–12969. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23215