PENDAMPINGAN PENATAAN TANAMAN DALAM LOMBA KOMPETENSI SISWA TINGKAT NASIONAL SMKN 63 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23119Keywords:
Estetis, Mitra, Penataan tanaman, Proporsional, SMKN63Abstract
Lomba bidang Lanskap dan Pertamanan salah satu bidang kompetensi siswa SMK tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Lomba ini kembali diadakan tahun 2022 setelah selesai masa pandemi. SMKN63 Jakarta selalu mengikuti lomba tersebut setiap tahun. Kepala sekolah beserta guru pendamping lomba meminta tim PkM dari jurusan Arsitektur lanskap untuk mendampingi kegiatan lomba tersebut. Materi yang diberikan pada pendampingan ini diantaranya penataan tanaman secara proposional dan estetis. Penataan tanaman secara proporsional dan estetis dapat menjadi ciri khas dari sebuah taman. PkM ini dilaksanakan di halaman sekolah SMKN 63 dan metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah survei, kuesioner, persiapan materi baik materi penyuluhan, maupun materi persiapan simulasi lapangan dan pelaksanaan pendampingan simulasi pembuatan taman. Hasil menunjukkan bahwa mitra sangat setuju (93%) apabila dalam menata tanaman terlihat proporsional dan estetis. Mitra tidak setuju 50% apabila taman yang unik itu merupakan elemen tanaman yang berbeda-beda, tidak membentuk suatu komposisi, tidak berstruktur. Taman yang sudah dibuat dalam lomba sudah mengikuti arahan hanya kecepatan kerja masih kurang. Sehingga perlu pelatihan yang lebih, untuk meningkatkan keterampilan.References
Agus, N. D. P., Nurlaelih, E. E., & Sitawati, S. (2015). Evaluation of Selected and Arranged Plants of Median Street in Malang City. Jurnal Produksi Tanaman, 3(4), 269–277. https://www.neliti.com/id/publications/129699/evaluasi-pemilihan-jenis-dan-penataan-tanaman-median-jalan-kota-malang
Hakim, R. (2012). Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. In PT Bumi Aksara (Vol. 17, Issue 2, p. 384). Bumi Aksara.
Ilhami, W. T., & Gunawan, A. (2011). Persepsi Dan Preferensi Warna Dalam Lanskap. Jurnal Lanskap Indonesia, 3(2), 73–79.
Lawalata, G. M. (2011). Perencanaan Lansekap Jalan Perkotaan. pusjatan.
Murdaningsih, M. (2020). EVALUASI ASPEK FUNGSI, ESTETIKA DAN AGRONOMIS TANAMAN TEPI JALAN DI JALAN IJEN KOTA MALANG. AGRICA, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.37478/agr.v3i1.490
Puspresnas. (2022). Deskripsi Teknis Lomba Kompetensi Siswa (LKS)-SMK Tingkat Nasioanal XXX Tahun 2022. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Ristek dan teknologi.
Ruliyansyah, A. (2017). Evaluasi Lanskap Jalan Jenderal Ahmad Yani Pontianak. Jurnal Arsitektur Lansekap, 49. https://doi.org/10.24843/JAL.2017.v03.i01.p06
Puspresnas (2022) (Nasional, 2022). Deskripsi Teknis Lomba Kompetensi Siswa (LKS)-SMK Tingkat Nasioanal XXX Tahun 2022. Bidang lomba Lanskap dan Pertamanan. Dokumen LKS SMK Tingkat Nasional XXX Tahun 2022_Online_Versi 0. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Ristek dan teknologi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Olivia Seanders, Etty Indrawati, Silia Yuslim, Anindita Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










