PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA UMKM DI MAKASSAR

Authors

  • Nurul Mutmainnah Karnila Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Martinus Budiantara Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23073

Keywords:

Penjualan, UMKM, Financial Technology

Abstract

Aktivitas usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM ialah satu dari bebebrapa bidang usaha yang mengalami perkembangan yang pesat. UMKM diartikan sebagai bentuk usaha yang produktif, dimana dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha yang mempunyai pengaruh pada sektor ekonomi yang dapat memberikan kontribusi dan meningkatkan perekonomian nasional. Metode pengabdian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pengamatan dan memperoleh data yang valid. Penulis juga melakukan observasi langsung dan mewawancarai selaku pemilik UMKM. Tujuan dari pengabdian ini yaitu pemilik UMKM dapat mengetahui penggunaan dan manfaat dari penjualan barang menggunakan Financial Technology.

References

Bank Indonesia. (2017). Apa Itu Teknologi Finansial (FinTech). Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/financial technology/default.aspx

Effendy, F., Simarmata, J., Rumondang, A., & Sudirman, A. (2019). FinTech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital.

Ghifari, & Dewi. (2019). AFPI: Kolaborasi antara FinTech dan e-commerce akan saling bersinerg. Kontan.Co.Id.https://keuangan.kontan.co.id/news/afpi-kolaborasi-antara-fintech-dan-e-commerce-akan-saling-bersinergi

Tambunan, 2011.Teori Ekonomi Makro, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Wiguna, & Budiantara (2023). Pendampingan dan Pelatihan Terhadap Pelaku Usaha UMKM Di Lingkup Alun-Alun Wates Kabupaten Kulon Progo Melalui Literasi Keuangan. KARYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3 No.2. 2023 : 182-185

Yoyo Sudaryo, S. E., MM, M., Efi, N. A. S., Yosep, M. A., SE, M., Nurdiansyah, B., & ST, I. N. (2020). Digital Marketing dan FinTech di Indonesia. Penerbit Andi

Zubaidah, A. N., & Wulandari, I. (2023). Pelatihan Pencatatan Pembukuan Sederhana Pada Produk UMKM Keripik Brownis Miss Brown di Desa Mulungan Kulon Yogyakarta. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 03 No. 02, 33-39.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Karnila, N. M. ., & Budiantara, M. . (2023). PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA UMKM DI MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12649–12653. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23073

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.