SEMINAR UMKM GO DIGITAL SEBAGAI UPAYA EDUKASI AKAN CARA DAN PENTINGNYA DIGITALISASI UMKM DESA PAKISTAJI

Authors

  • Rachma Kurnia Sari Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22683

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Marketplace, Pakistaji, Banyuwangi

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang memunculkan internet telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perilaku masyarakat di berbagai bidang, termasuk bisnis, perdagangan, dan belanja. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan digitalisasi di beberapa sektor ekonomi yang salah satunya adalah UMKM. Di Indonesia, UMKM telah berperan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi negara. Sayangnya, para pemilik UMKM Desa Pakistaji masih belum mengetahui bagaimana e-commerce dapat meningkatkan penjualan mereka meskipun desa tersebut merupakan salah satu desa yang paling banyak didominasi UMKM di Banyuwangi. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Tim KKN-BBM 66 Universitas Airlangga memutuskan untuk menyelenggarakan seminar untuk mengedukasi masyarakat tentang cara dan pentingnya digitalisasi UMKM, yaitu bagaimana memanfaatkan e-commerce, cara membuat akun marketplace, cara menulis konten, dan bagaimana memvisualisasikan produk. Upaya tersebut telah menghasilkan peningkatan pengetahuan pemilik UMKM akan pentingnya digitalisasi dan kemampuan mengelola marketplace.

References

Fensel, D. et al., 2001. Product Data Integration in B2B E-commerce, IEEE Intelligent Systems.

Jauhari, J., 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), pp. 159-168

Kementerian Koperasi dan UMKM. (2015). Laporan Tahunan. Jakarta.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Nguyen, N., 2020. Creating An Effective Digital Marketing Plan for A Small New Coffee Shop: ChoCoCha. Undergraduate. Laurea University of Aplied Sciences.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Sari, R. K. (2023). SEMINAR UMKM GO DIGITAL SEBAGAI UPAYA EDUKASI AKAN CARA DAN PENTINGNYA DIGITALISASI UMKM DESA PAKISTAJI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12237–12240. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22683

Similar Articles

<< < 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.