PENDAMPINGAN UMKM DI DESA SAJANG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUKSI KERIPIK TALAS BAGI PETANI TALAS DI KAWASAN WISATA SEMBALUM LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25789Keywords:
Pendampingan, Penjualan , ProduksiAbstract
Permasalah utama dalam penjualan ubi talas adalah ketika ubi talas panen melimpah, ubi talas tidak terserap oleh pasar, banyak ubi talas yang lama terjual bahkan tidak laku terjual karena masyarakat atau petani talas hanya mengandalkan para wisatawan yang datang berwisatawan dikawasan wisata sembalun Lombok Timur Nusa Tengga Barat. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para warga yang mengikuti kegiatan pelatihan mampu memproduksi atau mengolah ubi talas menjadi kripik talas yang diminati oleh para konsumen dengan berabi tampil beda, berupa stik talas yang memiliki varian rasa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode penyuluhan, demostrasi dan praktek. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah dari kegiatan yang telah dilakukan tim pengabdian kepada masyarakat masayarakat dengan program pelatihan pengolahan dan pemasaran keripik talas di desa sajang kelurahan sembalun ini adalah peningkatan keterampilan pengolahan ubi talas dengan rasa dan tampilan yang berbeda.References
Hidayanti, 2021. (2021). THE LEVEL OF WELFARE OF CATTLE TRADERS IN MASBAGIK DISTRICT OF. 1(3), 1–7.
Hidayanti, N. F. (2022a). Ekonomi Sirkular Ummat Meningkatkan Kesejahteraan Civitas Akademika Dengan Adanya Bisnis Berbasis Al-Maqasid Al-Syariah. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan …, 6(2), 379–390. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6767
Hidayanti, N. F. (2022b). Processing of Organic and Inorganic Waste Can Increase Income during The Covid-19 Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(1), 167–175.
Kecil, I., Menengah, D. A. N., Keripik, U., Di, B., & Cinyurup, K. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN USAHA KEPADA PARA PELAKU USAHA. 3(1), 79–86.
Sofia, S., Rawi, R. D. P., Lewenussa, R., & Bintari, W. C. (2022). Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Keripik Talas di Kelurahan Sawagumu Kota Sorong.
Suhandi, Hanafiah, H., & Harsono, P. (2020). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng Dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 144–151.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khaeruddin Said

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










