POTENSI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN HASIL OLAHAN IKAN AIR TAWAR DI KAMPUNG CILAMO DESA GIRIMUKTI KECAMATAN CIBATU KABUPATEN GARUT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22406Keywords:
Potensi, Pemasaran, Hasil Olahan, Ikan Air TawarAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pemasaran dalam meningkatkan penjualan hasil olahan ikan air tawar di Kampung Cilamo, Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Latar belakang kegiatan ini menggambarkan keberagaman sumber daya perikanan dan potensi ekonomi yang dimiliki oleh komunitas lokal. Kegiatan ini menfokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat pemasaran produk hasil olahan ikan dan meningkatkan daya saing di pasar lokal mauoun regional. Metode penelitian mencakup pendekatan kualitatif dengan menerapkan teknik wawancara mendalam, observasi langsung dan analisis dokumentasi. Melalui proses ini, data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan untuk menggambarkan preferensi konsumen, kendala pemasaran yang dihadapi oleh produsen lokal dan peluang pengembangan pasar. Hasil analisis menyoroti strategi pemasaran yang potensial untuk meningkatkan penjualan hasil olahan ikan. Faktor-faktor seperti branding produk, akses pasar dan kerjasama antarprodusen muncul sebagai elemen kritis yang dapat ditingkatkan. SEalin itu, identifikasi tren pasar dan kebutuhan konsumen membuka peluang untuk diversifikasi produk dan penerapan strategi pemasaran yang lebih efektif. Pembahasan menyajikan temuan-temuan ini dalam konteks literatur terkini dan diskusi mendalam mengenai impilkasi praktisnya. Kesimpulan menyoroti signifikansi penelitian ini bagi pengembangan ekonomi lokal dan memberikan rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut guna memaksimalkan potensi pemasaran hasil olahan ikan air tawar di wilayah tersebutReferences
Abdullah, A.M & Nisa, L. (2021). Pembinaan strategi pemasaran produk pepaya crispy di media sosial pada masa pandemi. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 162-172
Atmoko, T.P. H (2018). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di cavinton hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.
Hayatie, M.N., Gautama, M.S., & Sur, W. A. A. (2021). Sosialisasi strategi pemasaran berbasis online pada produk usaha mikro kecil dan menengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengadian Masyarakat, 3(1), 58-62
José da Costa, F. (2009). Factors of Influence on The Entrepreneurial Interest: an Analysis With Students of Information Technology Related Courses. Brasil: Journal of Information Systems and Technology Management-DOI: 10.4301/S1807-
ISSN online:
-1775.
Kurniawan, A. DKK. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha melalui Self Efficacy. Semarang: Journal of Economic Education-ISSN:2502- 4485.
Kurniawati, A. (2018). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Kinerja Keuangan. Bandung: Jurnal Ekonomi Manajemen-ISSN:2477-2275.
Neolaka, A. (2016). Metode Penelitian dan Statistika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusdiana. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.