Pembinaan PEMBINAAN SIKAP TASAMUH DAN TAWASUTH PADA ANGGOTA PAC IPNU KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023
SIKAP TASAMUH DAN TAWASUTH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22130Keywords:
Pembinaan, Tasamuh, TawasuthAbstract
Konteks untuk penelitian ini berkembang kasus-kasus intoleransi di Indonesia. Perbuatan-perbuatan seperti itu merupakan sebuah tindakan yang dapat mengakibatkan masalah besar bahkan dapat memecah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu PAC IPNU Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang sangat memperhatikan hal tersebut, guna untuk menghilangkan perbuatan-perbuatan Intoleransi dan tindakan semena-mena terhadap orang lain maupun golongan dengan cara membuat gerakan-gerakan pembinaan mengenai tasamuh dan tawasuth khususnya buat kalangan anak muda atau pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan munculnya perlakuan anggota PAC IPNU dengan tasamuh dan tawasuth di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, dan 2. Variabel Pendukung dan Tantangan mensosialisasikan sikap tasamuh dan tawasuth anggota PAC IPNU di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Metode untuk penelitian ini dikumpulkan melalui penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi observasi, wawancara, dan pencatatan. Langkah selanjutnya dalam analisis data adalah mengkarakterisasi informasi yang diberikan oleh informan, mereduksinya untuk digunakan peneliti, dan kemudian memvalidasi kesimpulan untuk memenuhi tujuan penelitian. Hasil temuan penelitian menyarankan bahwa: 1. Anggota PAC IPNU Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang perlu didorong untuk memiliki sikap tasamuh dan tawasuth dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, cerita, perumpamaan, reward, dan kegiatan pendidikan dan sosial seperti Masa Kesetiaan Anggota, Pelatihan Kader Muda, Bakti Sosial, Diskusi, Studi Banding, dan sebagainya. Selain itu, segala tuntunan dari sesepuh dan sesama anggota tergabung dalam meningkatkan sikap tasamuh dan tawasuth. 2. Faktor-faktor pendorong dan penghambat berkembangnya sikap tasamuh dan tawasuth di kalangan anggota PAC IPNU Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang antara lain, pertama, kondisi lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai. Kedua, kurangnya kontak antar pengurus karena latar belakang pendidikan anggota yang beragam.References
Amal, Ahmad Syaiful. 2018. Pola Komunikasi Kyai dan Santri dalam Membentuk Sikap Tawadhu’ di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) Vol. 3, No. 2.
Armai, Arief. 2004. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Bimo Walgito, 2003. Psikologi Sosial : Suatu Pengantar. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
HD Sudjana, 2004. Managemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformal Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Falah Production.
Imam S. Ahmad. 2005.Tuntunan Akhlakul Karimah. Jakarta: LEKDIS.
Manan, Syaepul. 2017. Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol.15, No.1.
Maolani, L. 2003. Pembinaan Moral Remaja sebagai Sumberdaya Manusia di Lingkungan Masyarakat. Bandung: PPS UPI.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah.
Mohammad Ali & Muhammad Asrori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rofiatun, dan Muhammad Thoha. 2019. Manajemen Pembinaan Kedisiplinan Santri dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Pamekasan. Jurnal re-JIEM Vol.2, No. 2.
Salam, Buhanudin. 1997. Etika Sosial: Asas Moral dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Siddiq, Achmad. 2005. Khitah Nahdliyah.cet.III. Surabaya: Khalista - LTNU.
Zaman, Badrus. 2017. Pembinaan Karakter Siswa melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Tamaddun, Vol. 18, No. 2, hal 1-21, nov. 2017. ISSN 1693-394X.
Zahruddin, dan Sinaga, Hasanuddin. 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Mubarok, Badrus Zaman, Muh Nafis Zidanil Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.