SOSIALISASI DAN EDUKASI PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM MENGEMBANGKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA GUNA MENUNJANG EKONOMI MANDIRI

Authors

  • Silvia Septhiani Universitas Indraprasta
  • Diah Oga Nusantari Universitas Indraprasta PGRI
  • Ihwan Zulkarnain Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.20492

Keywords:

Edukasi, Ekonomi Mandiri, Minat ,Marketplace, Wirausaha,

Abstract

Tingginya jumlah penduduk dan terbatasnya kesempatan kerja adalah pemacu tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Kewirausahaan perlu ditanamkan dan dikembangkan sejak masih dini bagi siswa dan siswi.  Tujuan dari kegiatan ini  adalah sebagai pendidikan dan informasi untuk memanfaatkan aplikasi marketplace dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan berusaha mewujudkan sikap mental, jiwa muda yang kreatif  dan produktif dalam berkarya untu meningkatkan kegiatan kegiatan positif pada kegiatan usaha. Pada akhirnya dapat menjadi aspek penting yang bisa meningkatkan daya saing dan mengurangi pengangguran yang berdampak pada stabilitas ekonomi Indonesia. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan ide informasi serta arahan  bagi mereka dalam menjalankan kegiatan-kegiatan pasca selesai  menumpuh ujian sekolah dan selesai kelulusan nantinya.

References

Ariani, M., Zulhawati, Aulawi FD. 2022. Pelatihan dan Pendampingan Marketplace Digital Sebagai Sarana Promosi dan Transaksi Online. PARAHITA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2).

Gatiningsih dan Sutrisno, Eko. 2017. Kependudukan dan Ketenagakerjaan. Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN . Jatinangor -Sumedang

Kemendiknas. 2010. Modul 2 Konsep Dasar Kewirausahaan

Microsoft Word - BUKU 3 - MODUL 2 KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN (kemdikbud.go.id)

Mikael Ernest Susanto. Tingginya Tingkat Pengangguran Sebagai Masalah Besar Indonesia. https://www.kompasiana.com/mikaelernestsusanto10-44798/642d423108a8b5138612eee4

Praktiko, RG. Kristanty, S. 2018 . Literasi Media Digital Generasi Z (Studi Kasus Pada Remaja Social Networking Addiction Di Jakarta. Communication. Vol 9(2)

Wahyudi, Mukrodi, Sugiarti, Marayasa, IN., Mawardi, S. 2022. Mengenal Pemasaran Digital dan Marketplace: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis 2(1)

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Septhiani, S. ., Nusantari, D. O. ., & Zulkarnain, I. . (2024). SOSIALISASI DAN EDUKASI PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM MENGEMBANGKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA GUNA MENUNJANG EKONOMI MANDIRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2577–2580. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.20492