PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL BERBASIS TAFSIR SAINS DI MAAHAD TAHFIZ SITI AISYAH MALAYSIA

Authors

  • Sujiat Zubaidi Universitas Darussalam Gontor
  • Aqdi Rofiq Asnawi Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Dini Syauqi Al Madani Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20412

Keywords:

Peningkatan, Kecerdasan Emosional, Tafsir Sains, Al-Qur’an

Abstract

Pengabdian masyarakat ini berfokus dalam pendampingan dalam meningkatkan kecerdasan emosional berbasis tafsir sains bagi para pelajar di Maahad Tahfiz Siti Aisyah Selangor Malaysia. Adapun tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan kecerdasan emosional mitra dalam membentuk karakter peserta didik yang memiliki akhlaqul karimah dengan pendampingan secara sistematis. Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu terdapat peserta didik yang kurang mampu dalam mengendalikan dirinya ketika berhadapan dengan sebuah masalah, tidak dapat menerima keadaan dirinya sendiri, dan tidak yakin terhadap dirinya sendiri dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Metode atau strategi pemberdayaan yang diterapkan di pengabdian kali ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan pendampingan dengan model ini diharapkan menjadi solusi yang tepat di dalam menyelesaikan kasus permasalahan dalam kecerdasan emosional serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan para santri dapat menerapkan akhlak yang terpuji berdasarkan kandungan Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, program ini membantu para santri mengembangkan keterampilan dan pemahaman emosional yang lebih baik, sejalan dengan nilai-nilai Islam yang diajarkan dalam Al-Qur'an. Hasil ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an mampu berperan sebagai panduan untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada remaja, yang dapat dilihat melalui perubahan perilaku dan akhlak yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

References

Al-Ghazali. (1984). Kimia Kebahagiaan (Cetakan kk). Bandung: Mizan.

Amin, M., & Nurhayat, M. A. (2020). Resepsi Masyarakat Terhadap Al-Quran. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 21(2), 290–303. https://doi.org/10.19109/jia.v21i2.7423

Cooper, R. K., & Sawaf, A. (2002). Executive EQ: Kecerdasan emosional dalam kepemimpinan dan organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Daniel, G. (2005). Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fauziah, F. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ii Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320

Habibillah, Muh. (2013). Raih Berkah Dengan Sedekah Dan Silaturahmi. Yogyakarta: Sabil.

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822.

Istiqomah, H. (2019). Analisis Morfologi Doa dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah 186. Arabiyatuna?: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 251. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.970

Khairunnisa, R., & Alfaruqy, M. Z. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Cyberbullying Di Media Sosial Twitter Pada Siswa Sman 26 Jakarta. Jurnal EMPATI, 11(4), 260–268. https://doi.org/10.14710/empati.0.36471

Miswan. (2014). Pujian dalam Al-Qur’an. IAIN Walisongo.

Nasrullooh, Z. Z., & Suharyat, Y. (2023). Silaturrahmi Fil Qur’an Wal Hadits. Student Research Journal, 1(2). https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.173

Nurmilah, A. M. dan M. (2012). Inilah Pesan Penting di Balik Berkah dan Manfaat Silaturahmi. Bandung: Ruang Kata.

Riyadi, A. (2013). Zikir Dalam Al-Quran Sebagai Terapi Psikoneurotik (analisis terhadap Fungsi bimbingan dan konseling islam). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 33–52.

Rusdi, M. A. (2014). Wawasan Al-Qur’an Tentang Musyawarah. Tafsere, 2(1), 19–42. https://doi.org/10.24252/jt.v2i1.7458

Santrock, J. W. (2013). Life span development (13th ed.). Texas: McGraw-Hill.

Sutarman, M. (2018). Kedudukan Doa dalam Islam. Al-Karimah, 5(9), 79–93.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Zubaidi, S. ., Asnawi, A. R. ., & Madani, M. D. S. A. . (2023). PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL BERBASIS TAFSIR SAINS DI MAAHAD TAHFIZ SITI AISYAH MALAYSIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10375–10380. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20412