PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL BERBASIS TAFSIR SAINS DI MAAHAD TAHFIZ SITI AISYAH MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20412Keywords:
Peningkatan, Kecerdasan Emosional, Tafsir Sains, Al-Qur’anAbstract
Pengabdian masyarakat ini berfokus dalam pendampingan dalam meningkatkan kecerdasan emosional berbasis tafsir sains bagi para pelajar di Maahad Tahfiz Siti Aisyah Selangor Malaysia. Adapun tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan kecerdasan emosional mitra dalam membentuk karakter peserta didik yang memiliki akhlaqul karimah dengan pendampingan secara sistematis. Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu terdapat peserta didik yang kurang mampu dalam mengendalikan dirinya ketika berhadapan dengan sebuah masalah, tidak dapat menerima keadaan dirinya sendiri, dan tidak yakin terhadap dirinya sendiri dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Metode atau strategi pemberdayaan yang diterapkan di pengabdian kali ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan pendampingan dengan model ini diharapkan menjadi solusi yang tepat di dalam menyelesaikan kasus permasalahan dalam kecerdasan emosional serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan para santri dapat menerapkan akhlak yang terpuji berdasarkan kandungan Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, program ini membantu para santri mengembangkan keterampilan dan pemahaman emosional yang lebih baik, sejalan dengan nilai-nilai Islam yang diajarkan dalam Al-Qur'an. Hasil ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an mampu berperan sebagai panduan untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada remaja, yang dapat dilihat melalui perubahan perilaku dan akhlak yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.References
Al-Ghazali. (1984). Kimia Kebahagiaan (Cetakan kk). Bandung: Mizan.
Amin, M., & Nurhayat, M. A. (2020). Resepsi Masyarakat Terhadap Al-Quran. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 21(2), 290–303. https://doi.org/10.19109/jia.v21i2.7423
Cooper, R. K., & Sawaf, A. (2002). Executive EQ: Kecerdasan emosional dalam kepemimpinan dan organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Daniel, G. (2005). Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fauziah, F. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ii Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320
Habibillah, Muh. (2013). Raih Berkah Dengan Sedekah Dan Silaturahmi. Yogyakarta: Sabil.
Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822.
Istiqomah, H. (2019). Analisis Morfologi Doa dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah 186. Arabiyatuna?: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 251. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.970
Khairunnisa, R., & Alfaruqy, M. Z. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Cyberbullying Di Media Sosial Twitter Pada Siswa Sman 26 Jakarta. Jurnal EMPATI, 11(4), 260–268. https://doi.org/10.14710/empati.0.36471
Miswan. (2014). Pujian dalam Al-Qur’an. IAIN Walisongo.
Nasrullooh, Z. Z., & Suharyat, Y. (2023). Silaturrahmi Fil Qur’an Wal Hadits. Student Research Journal, 1(2). https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.173
Nurmilah, A. M. dan M. (2012). Inilah Pesan Penting di Balik Berkah dan Manfaat Silaturahmi. Bandung: Ruang Kata.
Riyadi, A. (2013). Zikir Dalam Al-Quran Sebagai Terapi Psikoneurotik (analisis terhadap Fungsi bimbingan dan konseling islam). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 33–52.
Rusdi, M. A. (2014). Wawasan Al-Qur’an Tentang Musyawarah. Tafsere, 2(1), 19–42. https://doi.org/10.24252/jt.v2i1.7458
Santrock, J. W. (2013). Life span development (13th ed.). Texas: McGraw-Hill.
Sutarman, M. (2018). Kedudukan Doa dalam Islam. Al-Karimah, 5(9), 79–93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sujiat Zubaidi, Aqdi Rofiq Asnawi, Muhammad Dini Syauqi Al Madani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.